Waspada saat login Wi-Fi di hotel, ini penyebabnya!

1689

Apa yang pertama kali Anda lakukan saat tiba di hotel ketika liburan? Banyak diantara kita yang langsung login ke dalam jaringan Wi-Fi. Hal-hal lainnya seperti membongkar koper, makan, minum, dan memanjakan diri biasanya baru dikerjakan setelahnya.

Meski demikian, sebuah laporan dari The Today Show (di Amerika) akan membangkitkan kepedulian Anda tentang proteksi informasi pribadi saat menggunakan Wi-Fi hotel.

Menurut tabloid The Sun, jurnalis Jeff Rossen bersama dengan pakar keamanan mempersiapkan Wi-Fi hotspot tiruan di sebuah hotel di Cancun (Mexico) untuk membuktikan betapa mudahnya mencuri informasi pribadi para tamu.

Keduanya merencanakan nama jaringan yang mirip dengan hotspot resmi dan berhasil mencuri informasi transaksi, penerbangan, hingga detail perbankan saat tamu terhubung. Menakutkan, bukan?

Jika demikian, apa saja yang dapat Anda dilakukan agar informasi pribadi tetap aman? Pertama-tama, tanyakan jaringan Wi-Fi resmi pada hotel sebelum mencoba login.

Saran dari The Today Show adalah untuk memasukkan nomor kamar yang salah ke dalam sistem saat ditanya. Jika Anda tetap berhasil masuk, berarti jaringan tersebut patut dipertanyakan. Hotspot yang resmi tak akan memberikan akses tanpa informasi yang benar.

Jeff Rossen dan pakar keamanan tersebut juga menyarankan tamu untuk menekan tombol ‘forget this network’ tiap kali meninggalkan hotel, jadi mereka tak akan terhubung secara otomatis tanpa disadari.

 

(Artikel ini disadur dari Harper’s Bazaar UK, Ahli bahasa: Ardhana Utama, Foto: Getty Images, Courtesy of Bazaar UK)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it