9 Khasiat jeruk nipis bagi kesehatan

546

Jika jeruk nipis diasup dengan tepat, mungkin Anda tak harus menyimpan banyak-banyak persediaan obat. Tak percaya? Baca saja artikel Bazaar tentang berbagai manfaatnya!

1. Menurunkan kolesterol 

Meminum ramuan sari jeruk nipis dan bawang putih setiap harinya merupakan salah satu cara mudah dan alami untuk menstabilkan kadar kolesterol yang abnormal dalam tubuh.

2. Membantu perkembangan janin

Jadikan buah satu ini teman baik Anda saat sedang hamil ataupun jika ingin segera mengandung! Pasalnya, jeruk nipis rupa-rupanya juga memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan guna pertumbuhan bayi di dalam rahim Anda sebelum dan selama masa kehamilan.

3. Meningkatkan daya tahan 

Saat flu mulai menyerang, ada baiknya untuk mengonsumsi jeruk nipis agar memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Pencegah penyakit batu ginjal

Buah yang termasuk dalam keluarga sitrus ini memiliki substansi sitrat yang diklaim dapat mengusir gejala batu ginjal.

5. Mengusir bakteri jahat

Sebelum makan, cuci sayuran Anda dengan ramuan jeruk nipis yang dicampur dengan cuka secukupnya. Hanya dalam waktu 15 menit, tingginya komposisi asam pada jeruk nipis ternyata berfungsi pula untuk membunuh bakteri jahat yang boleh jadi gemar bersarang pada bahan makanan Anda.

6. Sumber antioksidan

Lemon dan limau mengandung begitu banyak minyak esensial, flavonoid, vitamin C, dan asam phenolic guna melindungi tubuh dari radikal bebas yang berpotensi mengakibatkan kerusakan sel-sel dan gangguan penyakit.

Tidak hanya itu, limpahan antioksidan tersebut terbukti mampu meminimalisir risiko kanker hati, tulang, perut, usus besar, hingga payudara.

7. Menurunkan tekanan darah

Anda menderita hipertensi? Sebelum dan setelah jogging atau olahraga pagi, konsumsi perasan air jeruk nipis demi menormalkan kondisi tersebut.

Namun apabila Anda tengah menjalani upaya pengobatan yang berhubungan dengan tekanan darah, lakukanlah konsultasi kepada dokter spesialis terlebih dulu soal menu makanan dan minuman Anda sehari-harinya.

8. Memaksimalkan kinerja otak

Konon, komponen kimiawi yang terdapat dalam buah ini sanggup menyingkirkan senyawa beracun yang berbahaya bagi perkembangan organ otak. Selain itu, jeruk nipis pun dipercaya mampu melindungi dari sejumlah penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer.

9. Menyehatkan gigi dan mulut

Gusi bengkak dan berdarah ialah salah satu pertanda seseorang kekurangan vitamin C, terutama pada perokok, lansia, maupun pecandu alkohol. Apabila Anda mengalami problem ini, asupan jeruk nipis sebetulnya bisa membantu memperbaiki kesehatan mulut dan gigi berkat senyawa asam sitratnya.

Akan tetapi, pastikan Anda menunggu setidaknya 30 menit usai memakan atau meminum sari buah ini sebelum mulai menyikat gigi kembali agar tidak merusak lapisan emailnya. (Foto:  Olena Yakobchuk©123rf.com)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it