Helsinki, Kota dengan warga paling bahagia di dunia

15

Belum santer terdengar, destinasi berikut memiliki berjuta alasan untuk dikunjungi. Indah sekaligus kaya budaya, Helsinki menjadi kota tujuan berlibur sempurna bagi Anda yang memimpikan gaya hidup ala hygge.

Istilah dari Denmark yang mendefinisikan mengenai kebahagiaan yang dicapai dengan dikelilingi hal-hal indah dalam hidup berikut memang menjadi angan setiap dari kita. Tanpa perlu diragukan, di Helsinki Anda akan mengalami semua kebahagiaan tersebut.

Ibukota Finlandia ini mungkin belum sepopuler Stockholm atau pun Copenhagen, namun Helsinki jelas tidak kalah saing. Fakta bahwa kota ini merupakan pusat politik, edukasi hingga budaya jelas membuktikan eksistensinya.

Mengunjunginya, kita seakan diajarkan tentang cara baru untuk menikmati hidup sekaligus meraih kebahagiaan ala warga Denmark.

Jika Anda mulai merasa letih akibat selalu diburu waktu dan dipusingkan dengan suara notifikasi tanpa henti dari smartphone, tandanya Anda harus segera berlibur. Kali ini, Bazaar akan mengajak Anda terbang ke kota ini untuk melepas kepenatan.

Berikut terpapar sejumlah alasan mengapa Anda harus segera menuju ke Helsinki untuk momen paling berbahagia dalam hidup.

1. Tata lanskap kota memesona

Deretan bangunan dengan nuansa warna pastel dan rambatan bunga cantik akan sering dijumpai di sepanjang jalanan kota Helinski. Ibarat menyaksikan sebuah potongan adegan film komedi romantis keluaran Hollywood.

Di mana sang aktor mengantarkan pemeran utama wanita ke depan pintu rumah seusai berkencan. Di Helsinki, Anda akan terlibat dalam skenario romantis tersebut.

Tata lanskap kota ini memang menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan. Berkeliling kota menggunakan sepeda atau berjalan kaki akan menjadi aktivitas liburan menyenangkan.

Jangan lupa mengalungkan kamera polaroid milik Anda. Selanjutnya, berposelah di tengah uniknya bangunan untuk hasil foto bernuansa masa lampau yang semakin mengekspos keindahan tata kota.

2. Pusat desain dunia

View this post on Instagram

📸 @everythingisea #helsinkiofficial #helsinki

A post shared by Helsinki, Finland (@helsinkiofficial) on

Tengah digandrungi, desain ala Skandinavia memang menjadi yang terdepan di industri desain interior dan furnitur. Helsinki menjadi salah satu destinasi di mana Anda akan menemukan aplikasi terbaik dari konsep desain tersebut. Mulai dari berbagai pilihan hotel hingga kafe dan restoran lokal tampak atraktif dengan karisma modernnya.

Nuansa serba netral dengan maksimalitas pencahayaan alami menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta desain dari berbagai pelosok dunia. Tidak heran bila saat ini Helinski kerap menempati urutan teratas dari tujuan berlibur para apresiator desain dan arsitektur.

3. Kaya akan seni

Masih berhubungan erat dengan bahasan barusan. Seni dan desain memang tidak akan pernah terpisahkan. Ibarat hubungan, keduanya bagaikan sepasang kekasih baru yang sedang mesra-mesranya. Demikian halnya dengan seni dan desain di kota Helinski.

Menambah kekayaan dari segi desain, kota ini juga menawarkan pengalaman seni tak terlupakan. Habiskan momen liburan Anda dengan mengunjungi sejumlah pusat seni yang ada.

Tidak perlu takut kehabisan biaya liburan, karena sejumlah pameran instalasi seni di publik juga menjadi agenda favorit kota ini. Apalagi yang lebih baik dari menikmati seni secara gratis? Naluri estetika pun menajam tanpa perlu mengeluarkan biaya.

4. Hiburan tanpa batas

Cukup soal menimba ilmu. Liburan kali ini mungkin tujuan Anda hanya sekadar bersenang-senang. Jangan khawatir dulu. Anda tidak salah jurusan. Kota dengan populasi penduduk tertinggi di Finlandia ini memiliki ragam atraksi hiburan tak terbatas.

Mulai dari yang memacu adrenalin hingga yang bersifat rileksasi, seperti menaiki bianglala untuk menikmati keindahan kota dari ketinggian. Cahaya keemasan dari tenggelamnya matahari di petang hari akan menjadi waktu ideal untuk mencoba wahana ini.

5. Panorama alam menakjubkan

Tidak hanya unggul dari segi arsitektur dan desain, Helsinki juga menyimpan kekayaan pesona alam. Mulai dari ladang bunga bertabur warna hingga keajaiban langit dengan sapuan lembut cahaya aurora menjadi daya tariknya.

Hutan, pegunungan, lautan, Helsinki jelas memiliki segalanya. Belum lagi para hewan menggemaskan yang akan Anda jumpai di keindahan alam bebas ini.

Kemudahan akses transportasi untuk mengunjungi keindahan alam ini pun menjadi kelebihan lainnya. Bazaar merekomendasikan transportasi umum seperti kereta ketimbang taksi. Karena nyatanya, biaya berlibur di kota ini jauh lebih mahal ketimbang kota besar lainnya di Eropa, seperti Paris dan Italia.

6. Kehidupan bahagia para penduduk lokal

Pernah dijuluki oleh majalah ternama asal Inggris, Monocle, sebagai kota paling bahagia di dunia. Para penduduk lokal Helsinski memang paling tahu cara menikmati hidup. Mereka tahu jelas cara membagi waktu bekerja dan kehidupan personal. Berkenalan dengan salah satu penduduknya saja, Anda akan terkagum dengan gaya hidup hygge yang mereka anut.

Work hard, play hard. Bagi mereka, masa bekerja dan bermain sama signifikan. Jadi ketika bekerja mereka akan memaksimalkan waktu yang ada. Namun, saat mereka sedang off, jangan harap Anda dapat mengganggu mereka dengan urusan pekerjaan. Karena mereka sangat menghargai waktu pribadi mereka.

Demikian sepenggal kisah mengenai kota paling bahagia di dunia, Helsinki. Untuk lengkapnya, kunjungi langsung dan alami sendiri makna kebahagiaan hidup sesungguhnya di kota berbudaya nan cantik ini.

(Foto: Courtesy of Instagram @helsinkiofficial)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it