10 Gunung paling menantang di dunia (II-habis)

8

Berikut ini adalah daftar 5 dari 10 gunung tertinggi yang tersebar di berbagai belahan bumi. Bila Anda merasa tertantang, tak ada salahnya menjajal salah satu gunung ini sebagai destinasi perjalanan Anda selanjutnya.

6. Annapurna, Nepal Tengah (8,091 meter)
Gunung Annapurna memiliki 6 puncak, yaitu: Annapurna I (8091m), Annapurna II (7937m), Annapurna II (7555m), Annapurna IV (7525m), Gangapurna (7455m), dan Annapurna South (7219m).

Annapurna I adalah gunung tertinggi ke-10 di dunia. Setidaknya sudah ada 130 pendaki nekat memajat ke puncaknya yang rawan longsor ini. Namun 53 pendaki diantaranya tewas saat mencoba turun dari puncaknya. Hal ini membuat tingkat kematian di Annapurna mencapai 41% dan kematian ini bisa dikatakan yang tertinggi di dunia.

7. Nanga Parbat, Kashmir (8,126meter)
Nanga Parbat sering dijuluki ‘The Man Eater’. Gunung dengan sisi tajam di Kashmir ini terdiri dari bebatuan dan sakju. Puncaknya adalah yang tertinggi ke-9 di dunia, sedangkan sisi selatannya adalah the tallest mountain face on the planet.

Nanga Parbat telah memakan korban 31 jiwa sebelum berhasil didaki sampai ke puncak oleh ekspedisi yang dilakukan oleh Herman Buhl bersama timnya di tahun 1953.

Pendakian Herman sampai ke puncak merupakan momen yang sangat dramatik, karena dia mendaki ke puncak sendiri, sementara timnya berbalik turun.

8. Kangchenjunga, perbatasan India dan Nepal (8,596meter)
Merupakan gunung ke-3 tertinggi di dunia dan salah satu bagian dari pegunungan Himalaya. Pertama kali gunung ini didaki oleh Joe Brown dan George Band dari ekspedisi Inggris pada 25 Mei lalu.

Tahun 1999, sebuah novel terbaru James Bond membuat pertualangan sang agen rahasia ini di gunung tersebut. Gunung ini terkenal karena sering terjadinya longsor salju dan cuaca dingin yang ekstrim, sehingga termasuk dalam deretan salah satu gunung mematikan dunia.

9. K2, perbatasan Pakistan dan Cina (8,611meter)
Merupakan bagian dari pegunungan di Himalaya dan adalah gunung tertinggi kedua di dunia. Banyak orang percaya bahwa gunung ini memiliki kutukan terhadap pendaki wanita. Wanita pertama yang mencapai punck adalah Wanda Rutkiewicz pada Juni 1986.

Kemudian selama 18 tahun berikutnya, lima pendaki wanita yang mencapai puncak K2 tewas mengenaskan. Tiga tewas saat turun dari K2, dua tewas di gunung di dekatnya. Termasuk Wanda Rutkiewicz sendiri juga tewas saat mendaki gunung di dekatnya, Kangchenjunga, pada tahun 1992.

Kutukan ini akhirnya dipecahkan tahun 2004 oleh Edurne Pasaban, pendaki wanita berusia 31 tahun dari Spanyol, yang masih tetap hidup sampai sekarang.

10. Everest, perbatasan Nepal dan Cina (8,848meter)
Melihat ketinggiannya, seringkali orang berpikir kalau ini adalah gunung paling mematikan. Namun pada kenyataannya Everest hanya memiliki tingkat kematian 9% Sampai saat ini.

Tidak berarti mematikan atau sulit didaki,” ujar Rod Baber, pengajar pendaki gunung di Head 4 Heights Climbing Centre, Inggris. Sejak pertama kali gunung ini didaki pada tahun 1953, sudah lebih dari 2500 orang berhasil mendaki Everest.

Source: Fitness For Men

Baca juga:
Kesalahpahaman latihan kardio yang wajib Anda hindari
Situasi ini yang merusak diet
10 Gunung paling menantang di dunia (I)

SHARE