10 Maskapai penerbangan teraman di dunia

13

Selama 20 tahun terakhir, jumlah kecelakaan penerbangan mengalami penurunan meskipun tercatat beberapa kecelakaan fatal, seperti tragedi MH370 misalnya.

Menariknya, tahun 2016 lalu tercatat sebagai tahun dengan jumlah kecelakaan penerbangan terkecil dalam sejarah. Tentu ini adalah pencapaian terbaik dalam dunia aviasi.

Bersamaan dengan pencapaian tersebut, laman AirlineRatings.com pun kembali melansir daftar maskapai penerbangan teraman di dunia yang didasarkan pada sederet standar penilaian, seperti inovasi keselamatan, keunggulan operasional, dan peluncuran pesawat yang lebih canggih.

Dari total 425 maskapai penerbangan yang dinilai, AirlineRatings.com menempatkan Qantas di posisi teratas. Maskapai penerbangan milik pemerintah Australia itu berhasil mewujudkan nol persen kecelakaan di sepanjang 2016.

Berikut adalah daftar lengkap 10 maskapai penerbangan terbaik dan teraman di dunia versi laman AirlineRatings.com.

1. Qantas

Ini merupakan tahun keempat Qantas meraih predikat tertinggi dalam standar keamanan penerbangan dunia. Menariknya, Qantas belum pernah mengalami catatan kecelakaan yang fatal sejak sejak pertama kali kemunculannya.


2. All Nippon Airways (ANA)

Sempat menghebohkan publik dengan mengecat eksterior hampir dari setengah armada pesawatnya dengan tema film Star Wars. Maskapai penerbangan swasta asal Jepang ini juga tercatat memiliki pertumbuhan kepercayaan konsumen yang tinggi dalam dua tahun terakhir, di mana berimbas pada penguatan nilai perusahaannya.

3. British Airways

Sempat menghilang dari daftar penerbangan teraman di dunia dalam beberapa tahun terakhir, nama maskapai plat merah milik Kerajaan Britania Raya ini hadir dengan banyak gebrakan baru yang fenomenal. Selain menambah armada pesawat dan jumlah destinasi, British Airways juga serius menangani bagian layanan penumpang secara keseluruhan, baik di darat maupun di udara.


4. Cathay Pacific

Maskapai penerbangan kebanggaan Hong Kong ini kerap keluar masuk pemeringkat keamanan aviasi. Kabar baiknya, di sepanjang 2016 dan 2015 lalu, Cathay Pacific berhasil menguatkan kesan positif konsumen, khususnya dalam hal penerbangan langsung jarak jauh.


5. Etihad Airways

Disebut sebagai maskapai penerbangan kelas menengah terbaik saat ini. Maskapai asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini juga merupakan pelopor tren berbelanja di atas pesawat. Layaknya pusat perbelanjaan, penumpang dapat membeli beragam benda, mulai dari cindera mata, produk fashion, hingga berlian langsung di atas ketinggian lebih dari 30.000 kaki.

6. Japan Airlines (JAL)

Maskapai penerbangan milik Kekaisaran Jepang ini tercatat sebagai maskapai dengan tingkat ketepatan waktu terbaik di sepanjang 2016 lalu.


7. KLM Royal Dutch Airlines

Sebagai salah satu maskapai penerbangan tertua di dunia, yakni berdiri sejak 1919, KLM telah teruji kualitasnya dari tahun ke tahun. Bahkan hampir dalam dua dekade terakhir, KLM selalu berhasil masuk ke dalam 10 besar daftar maskapai penerbangan paling aman di dunia, meskipun tidak pernah berada di posisi puncak.


8. Singapore Airlines

Meskipun tidak lagi menempati posisi teratas di daftar terkait, namun maskapai penerbangan seakan tidak ada hentinya mendapat berbagai penghargaan dunia atas kualitas layanannya.


9. Swiss Air

Regenerasi maskapai penerbangan Cross Air ini terus menerus menunjukkan perbaikan performa yang mengagumkan sejak perubahan nama resminya di 2002 silam.


10. Virgin Australia

Seakan meninggalkan jauh induk perusahaanya di Inggris, Virgin Atlantic, maskapai penerbangan Virgin Australia tidak pernah berhenti menunjukkan performa unggulnya di persaingan aviasi Asia Pasifik. Meskipun kerap dikeluhkan karena harga yang mahal untuk kelas ekonomi premium, tetap saja maskapai ini selalu diminati oleh banyak konsumen untuk berpergian.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
10 Gunung paling menantang di dunia (I)
10 Gunung paling menantang di dunia (II-habis)
Kesalahpahaman latihan kardio yang wajib Anda hindari

 

SHARE