10 Tips mengemudi hemat BBM

8

Mengemudi hemat bahan bakar minyak (BBM) selalu menjadi impian setiap pengemudi. Selain menghemat biaya unuk pembelian bahan bakar, kita juga berkontribusi secara langsung mengurangi emisi gas buang ke atmosfer.

Nah, semua itu tidak akan bisa kita lakukan tanpa mengetahui cara mengemudi hemat BBM. Tenang, Esquire punya tipsnya untuk Anda.

1. Belilah mobil yang irit BBM

Membeli mobil irit BBM adalah langkah pertama untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan mobil. Semakin irit konsumsi BBM sebuah mobil, semakin ramah lingkungan pula mobil tersebut. Selain itu, rawat mobil Anda secara paripurna agar selalu irit BBM dan ramah lingkungan.

2. Drive Carefully and Gently

Hindari mengemudi secara agresif. Jangan menekan pedal akselerator hingga menyentuh dek (pedal to metal). Satu detik mengemudi secara agresif, dapat menghasilkan carbon monoksida yang sama dengan 30 menit berkendara normal.

3. Berpikirlah jauh ke depan 

Antisipasi kondisi berkendara stop and go, karena akan meningkatkan polusi. Pilihlah jalur alternatif yang terhindar dari kemacetan. Hindari pula kondisi berakselerasi dan mengerem mendadak.

4. Kombinasikan perjalanan Anda 

Mesin dan katalis yang lebih panas akan menghasilkan lebih sedikit pencemaran udara. Jadi, menggabungkan beberapa perjalanan pendek menjadi satu kesatuan akan membuat banyak perbedaan.

5. Kurangi beban 

Memangkas beban hingga 100 pounds mengurangi konsumsi bahan bakar hingga satu persen. Jadi, cobalah membawa beban seringan mungkin.

6. Manfaatkan fitur yang ada

Gunakan fitur overdrive saat cruising speed, jika mobil Anda memilikinya. Jika mobil Anda bertransmisi manual, pindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi dengan cepat. Mengendarai mobil dengan gear yang lebih tinggi akan mengurangi putaran mesin (rpm), dan akan mengurangi penggunaan bahan bakar serta beban mesin.

7. Sesuaikan tekanan angin ban 

Rekomendasi tekanan angin yang tepat, dapat Anda temukan di rangka pintu bagian dalam atau di buku manual. Cek tekanan angin ban Anda secara teratur. Ban yang kurang angin dapat berdampak pada pemborosan bahan bakar.

8. Gunakan ban ramah lingkungan

Beli ban low rolling resistance (LRR). Hampir seluruh manufaktur ban ternama telah menjual ban semacam ini. Penggunaan ban ini dapat menghemat bahan bakar hingga empat persen.

9. Servis mobil Anda

Mobil yang terawatt adalah mobil yang bersih, jadi servislah mobil Anda secara teratur. Jangan lupa cek emisi gas buang mobil Anda.

10. Gunakan transportasi umum

Transportasi massa adalah salah satu cara bijak untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang berjalan di jalan-jalan kota. Tentu dengan syarat transmportasi massa yang digunakan juga harus ramah lingkungan, aman dan nyaman.

TEKS: REZA ERLANGGA
FOTO: freeimages.com/CONSTANTIN DEACONESCU

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

SHARE