Tips memilih koper untuk memudahkan Anda traveling

12

 

Meski antusiasme mengunjungi lokasi menyenangkan saat berlibur sudah memenuhi pikiran, masihkan Anda menghadapi masalah yang sama dengan Bazaar? Rasanya malas harus memikirkan perlengkapan apa saja dan koper mana yang sebaiknya dibawa.

Tapi tentu setiap masalah ada solusinya. Kali ini, Bazaar akan membagikan tips yang selalu berguna untuk membuat perjalanan berpelesir kami minim drama dan hassle-free. Semua diawali dengan memilih koper yang sesuai dengan kebutuhan rencana perjalanan.

1. Ukuran Koper

Sebelum memikirkan itinerary, kenali dulu ukuran koper yang tersedia di pasaran. Jangan sampai Anda salah memilih koper karena ukurannya yang sangat berdekatan satu sama lain.

Ukuran koper terbaik adalah koper yang masih bisa Anda tangani sendiri saat tak ada orang di sekitar yang bisa membantu. Jangan lupa jika setiap negara atau maskapai memiliki batas ukuran carryon yang berbeda-beda pula. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Koper kabin/carryon : dapat dibawa masuk ke dalam kabin pesawat sehingga Anda tak perlu berlama-lama menunggu koper di area luggage claim.

16” : meski sangat ringkas, koper jenis ini hanya cocok digunakan untuk bepergian tak lebih dari dua hari satu malam.

18 – 20” : Ukuran carryon ideal jika Anda menaiki pesawat budget Eropa.

21 – 22” : Ukuran carryon paling populer dan wajib Anda miliki.

Koper medium : untuk masuk bagasi, tidak bisa masuk ke kabin pesawat.

23 – 24” : Cocok bagi Anda yang ingin bepergian selama 3-7 hari namun belum siap jika harus menggunakan carryon luggage saja. Cari koper yang memiliki extension untuk memudahkan membawa hasil belanja selama traveling.

Koper besar: untuk masuk bagasi, tidak bisa masuk ke kabin pesawat.

25 – 27” : Jenis koper paling populer untuk dibawa berpelesir. Anda bisa memasukkan kebutuhan untuk 1-2 minggu. Jika bepergian dengan pasangan, koper ini juga bisa digunakan bersama.

Koper ekstra besar : untuk masuk bagasi, tidak bisa masuk ke kabin pesawat.

28 – 32” : Karena ukurannya, koper ini sering kali membuat traveler kelebihan berat bawaan dan harus membayar biaya ekstra. Namun tentu sangat berguna untuk Anda yang ingin tinggal selama satu bulan atau lebih di suatu lokasi tanpa berpindah. Biasanya populer di kalangan siswa yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri.

2. Rencana Perjalanan

Biasakan menanyakan pada diri sendiri “kemana saya akan pergi?” dan “berapa lama saya akan berlibur?” sebelum menentukan koper yang akan dibawa. Jika perjalanan Anda akan berpindah-pindah tempat, jangan membawa koper berukuran besar. Sebaiknya Anda membawa koper kabin dan tas punggung saja.

Jika tidak memungkinkan, usahakan maksimal membawa koper berukuran medium 23”. Bayangkan jika nanti Anda harus mengangkat koper ini untuk naik ke atas kapal, bus, atau kereta yang selain merepotkan, namun juga penuh sesak dengan penumpang lain. Belum lagi jika Anda berekreasi bersama grup, pasti akan ada drama tercipta.

3. Bahan Koper

Soft shell atau hard shell? Koper Anda yang dimasukkan ke bagasi pesawat akan melalui puluhan bantingan dalam satu kali perjalanan, jadi tentu untuk melindungi barang-barang penting di dalamnya, Bazaar sarankan menggunakan jenis hard shell.

Koper soft shell dengan sifatnya yang mudah ditekan cocok untuk carryon luggage karena mudah dimasukan ke dalam loker di atas kepala. Anda juga bisa menyelipkan beberapa barang meski koper sudah penuh karena bahannya yang lebih elastis.

Jangan lupa memperhatikan top dan side handle! Sebaiknya koper Anda memiliki dua buah handle agar memudahkan berbagai manuver saat membawanya.

4. Merek dan Harga  

Sekarang saatnya membahas merek koper favorit Bazaar yang tak pernah ketinggalan kami bawa berpelesir. Tenang, Bazaar tak akan lupa memberikan referensi harganya.

Menggunakan avant-garde metal, koper dari FPM tidak hanya awet namun juga terkenal tidak mudah penyok meski terbanting berkali-kali.

Harga: £1.295 / sekitar Rp25.594.150

 

 

Rimowa

Ringan, stylish, dan tahan lama memang selalu menjadi ciri koper keluaran Rimowa. Salah satu favorit kami datang dari seri essential trunk dari bahan polycarbonate yang super ringan. Selain itu koper ini juga dilengkapi tiga buah handle di bagian atas, samping, dan depan.

Harga: $980 / sekitar 14.964.649 rupiah

 

 

Tumi

Merek yang sudah tak perlu lagi dipertanyakan. Bazaar menyukai koper hard maupun soft shell keluaran Tumi. Selain sering mengeluarkan motif unik, roda kopernya juga paling bisa diandalkan.

Harga: $825 / sekitar 12.597.791 rupiah

 

 

Globe-Trotter

Salah satu koper ikonis sepanjang masa! Tak heran jika merek ini sempat menemani perjalanan Ratu Elizabeth II dan Sir Winston Churchil. Bentuknya akan semakin menarik saat puluhan stiker dari berbagai negara menempel di depannya.

Harga: £1.545 / sekitar 30.592.169 rupiah

 

 

MCM

Koper cantik yang cocok dibawa masuk ke dalam kabin. Bahan kulitnya elastis dan tahan lama, sehingga Bazaar tak pernah ragu untuk memilihnya sebagai koper carryon terfavorit.

Harga: $1.480 / sekitar 22.503.400 rupiah

 

 

Steamline

Bentuknya mungkin mengingatkan Anda pada koper keluaran Globe-Trotter. Tapi bagian dalam koper Steamline dibuat sangat menarik dengan bahan bermotif. Tentunya cocok untuk menemani hawa liburan yang menyenangkan.

Harga: $895 / sekitar Rp13.608.475

 

 

 

Delsey

Dari kelompok menengah, ada koper Delsey yang dijual dengan harga bersahabat namun tetap memiliki spesifikasi mengagumkan. Terlebih jika Anda berniat membeli koper berbentuk sederhana namun tetap terlihat elegan.

Harga: $271 / sekitar Rp4.120.555

 

 

Samsonite

Tak kalah dari koper high-end, ada juga merek Samsonite yang sudah terkenal memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan. Selain tersedia dalam berbagai ukuran, Samsonite juga memiliki pilihan bentuk koper yang elegan.

Harga: $500 / sekitar Rp7.602.500

 

Lipault

Terkenal dengan pilihan warnanya yang beragam dan vibran, Lipault bisa menjadi pilihan Anda untuk koper carryon. Pilihan bahannya juga mudah dibersihkan sehingga tak akan merepotkan perjalanan Anda.

Harga: $299 / sekitar Rp4.546.295

 

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mempermudah perjalanan Anda. Selamat berlibur!

(Foto: Courtesy of Globe-Totter, Fabbrica Pelletterie Milano, Rimowa, Tumi, MCM, Steamline, Delsey, Samsonite, Lipault)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it