5 Bandara di dunia dengan free city tour

161

Hampir setiap negara di dunia pasti memiliki bandar udara pesawat. Terkadang setiap penerbangan mengharuskan penumpangnya untuk transit terlebih dahulu.

Transit pun tidak menentu jadwalnya. Ada yang hanya satu jam, dua jam, tapi juga banyak yang bisa sampai enam jam, bahkan lebih! Tentu ini sering membuat penumpang bosan menunggu jam keberangkatan berikutnya.

Namun untuk beberapa bandara di dunia, ada service khusus yaitu city tour. City tour ini dimaksudkan bagi para penumpang yang sedang transit agar bisa jalan-jalan berkeliling kota di negara transit. Dan asyiknya, city tour ini gratis!

Dimana saja bandara yang menyediakan city tour ini? Mari lihat di bawah ini:

1. Istanbul Ataturk Airport, Turki

Istanbul didatangi banyak wisatawan termasuk mereka yang transit. Ataturk Airport juga merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia, terlebih ia merupakan perbatasan antara Asia dan Eropa.

Jika punya lebih dari enam jam waktu transit, Anda bisa ikut program “touristanbul” yang akan mengantar Anda ke beberapa bangunan ikonik. Mulai dari Blue Mosque, Hippodrome Square, dan Topkapi Palace.

2. Salt Lake City International Airport, AS

Bandara di Salt Lake City selalu penuh wisatawan transit. Bagi wisatawan yang transit lebih dari dua jam, terdapat tur gratis ke Temple Square di pusat kota.

Selain Temple Square, ada pula city tour gratis ke Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints dan Utah Museum of Contemporary Art.

Cukup datangi information desk dan mintalah brosur untuk city tour. Anda akan diberitahu lokasi naik bus hop on hop off dari bandara.

3. Singapore Changi Airport, Singapura

Terlepas dari fasilitas seperti indoor garden dan video gaming room, bandara ini juga punya city tour gratis untuk wisatawan transit.

Anda bisa mengikuti city tour ini jika punya waktu transit lebih dari enam jam. Ada dua jenis tur yang tersedia yakni City Sights dan Heritage Tour.

City Sights akan membawa Anda mengunjungi beberapa tempat ikonik seperti Merlion, Gardens by the Bay. Sementara Heritage Tour fokus mengeksplorasi kawasan kaya budaya seperti Little India dan Kampong Glam.

Sebelum keluar imigrasi, kunjungi Transfer Lounge F di Terminal 2 atau Transfer Lounge A di Terminal 3. Kedua tur ini tersedia empat kali dalam sehari.

4. Incheon International Airport, Seoul

Mayoritas bandara di dunia menggelar city tour gratis untuk wisatawan yang transit dalam waktu lama.

Namun, lain halnya dengan Incheon Airport. Bandara ini memperbolehkan turis mendapatkan city tour dengan waktu transit hanya satu jam.

Anda bisa memilih jenis city tour mulai dari satu hingga lima jam. Anda akan diajak mengeksplorasi Kota Seoul, lengkap dengan pemandu wisata.

Cukup datangi information desk di antara Gate 25 dan 29, atau desk “Hana Tour” di Gate 8.

5. Amsterdam Airport Schiphol, Belanda

Jika Anda penumpang KLM dan memiliki waktu transit minimal enam jam di Amsterdam, cobalah program “layover with a local“.

Isilah kuisioner singkat tentang jenis wisata yang Anda sukai (kuliner, sejarah, kota, dll). Pihak KLM kemudian akan mempertemukan Anda dengan warga Belanda yang fasih berbahasa Inggris sebagai guide Anda.

Pihak KLM juga akan memberikan tiket bus gratis menuju pusat kota, dan membayar bon minuman saat Anda bertemu dengan orang tersebut di pusat Kota Amsterdam.

Saat booking tiket KLM dengan waktu transit minimal enam jam di Amsterdam, Anda otomatis akan mendapatkan email untuk sign up program “layover with a local”.

[teks Gabriella Sakareza/sumber kompas.com | foto theflightreviews.com]

Baca juga:
Ketagihan keju sama bahaya dengan kecanduan heroin
Destinasi Liburan berdasarkan shio Anda di tahun 2017
Danny Oei Wirianto: Bisnis tidak harus langsung jadi unicorn