5 Kota paling romantis di dunia

15

Mungkin semua orang langsung teringat dengan Paris apabila sedang membahas kota paling romantis di dunia. Namun, masih banyak kota di dunia selain Paris yang memiliki suasana romantis.

Berikut ini adalah 5 kota paling romantis di dunia selain Paris.

1. Kyoto – Jepang

Kenapa ke sana? Kuil-kuil Zen yang asri, puluhan taman rimbun, deretan rumah teh ikonis, beberapa kastil kuno membuat kota ini begitu menyenangkan untuk dikunjungi. Perasaan damai dan tenteram akan langsung menyergap tatkala pertama kali menjejakkan kaki di bekas ibukota Kekasiran Jepang tersebut, apalagi jika datang bersamaan dengan musim mekarnya bunga sakura.

Menginap di mana? Hoshinoya Kyoto merupakan sebuah ryokan, atau penginapan tradisional Jepang, yang memiliki 25 kamar dengan bathtub berbahan kayu cedar kuning dan pintu berlapis kertas nan anggun. Set sarapan tradisional Jepang akan dikirimkan langsung ke kamar setiap paginya. Harga kamar: 590 dollar AS atau sekitar Rp 7,9 juta per malam.

Makan di mana? Salah satu restoran kaiseki kenamaan di Kyoto, Yoshihiru Murata, berhasil  meraih satu bintang Michelin atas dedikasi juru masaknya, Kikunoi, yang mampu menyajikan dengan apik ratusan menu berbeda setiap musimnya, seperti fillet ikan barakuda yang dipanggang di bara kayu cedar dan sashimi yang disajikan di atas kelopak bunga krisantium.

2. San Fransisco, Califonia – Amerika Serikat

Kenapa ke sana? Lanskap teluk yang menawan dengan perbukitan hijau dan deretan rumah-rumah klasik yang berpadu dengan derap modernitas menjadi daya tarik utama kota yang juga dipenuhi oleh ratusan perusahaan digital kenamaan dunia ini. Di sini, Anda akan dengan mudah menemukan beragam sajian istimewa dari berbagai dunia, mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran berbintang Michelin dengan pemandangan menakjubkan.

Menginap di mana? Hotel Vertigo merupakan hotel legendaris bergaya art deco yang pernah menjadi lokasi syuting film berjudul serupa karya sutradara nyentrik Alfred Hitchcock. Terletak di pusat kota, hotel yang didominasi oleh warna putih dan oranye ini memiliki harga sewa mulai dari 99 dollar AS (sekitar Rp 1,3 juta) per malam.

Makan di mana? Cotogna, sebuah restoran Italia klasik milik chef kenamaan Michael Tusk. Cobalah menu-menu istimewa berikut: domba panggang yang dimasak dengan bunga sunchoke dan bagna cauda (semacam lalapan matang khas Italia), serta pasta tortellini buatan rumah yang dimasak dengan umbi rutabaga dan kacang pinus.

3. Fez – Maroko

Kenapa ke sana? Sebuah kota kuno yang memiliki daya tarik besar pada gang-gangnya yang berbentuk serupa labirin, deretan toko minim jendela, masjid-masjib berkeramik indah, kebun-kebun teh mini, dan souk atau pasar tradisional yang dipenuhi oleh penjual buah, rempah-rempah, dan kacang-kacangan.

Menginap di mana? Dulunya merupakan bekas istana musim panas milik Kesultanan Maroko lama, Le Jerdin des Biehn memiliki hammam (pemandian kuno), galeri seni, dan taman bergaya Andalusia yang sangat luas. Harga kamar mulai dari 170 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta per malam.

Makan di mana? Berlokasi di bangunan bekas kolonial Perancis yang dilengkapi oleh taman gantung, Cecile Houizot-Nanot’s Fes et Gestes dikenal sebagai satu dari sedikit restoran terbaik untuk menyantap tagine (hidangan tradisional yang dimasak di panci tanah liat) dan sajian teh berkualitas.

4. Rio de Janeiro – Brazil

Kenapa ke sana? Begitu berwarna dan ramai, kota ini memberikan kesan romantis sekaligus seksi untuk perjalanan berdua dengan pasangan tercinta. Perpaduan pantai berpasir putih, deretan pengunungan hijau, dan keramahan penduduknya membuat kota ini pantas masuk dalam daftar destinasi liburan romantis Anda.

Menginap di mana? Sebuah guesthouse berdesain mewah yang dikeleling oleh taman rindang milik seorang ekspatriat Perancis, La Maison menawarkan pemandangan yang indah berbalut pelayanan kelas satu. Harga kamar mulai dari 330 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 juta.

Makan di mana? Fasano al Mare merupakan sebuah restoran masakan Mediterania yang berlokasi di Hotel Fasano, salah satu bangunan yang didesain oleh arsitek kenamaan Phillipe Starck. Di sini, Anda dapat menyantap sajian seafood sembari menikmati suasana pantai Ipanema yang hidup.

5. Budapest – Hungaria

Kenapa ke sana? Budapest sejatinya terdiri dari dua kota yang dipisahkan oleh sungai Danube, yakni Buda dan Pest. Kini, Budapest menjelma menjadi kota paling bersinar di Eropa. Bangkit dari masa lalu komunias yang kelam, kini Budapest kini dikenal sebagai destinasi terbaik untuk menikmati arsitektur ekletik, pemandian air panas alami, kehidupan malam, dan jelajah kuliner Masa Lampau yang tetap eksis.

Menginap di mana? Berlokasi di kawasan Pest, Hotel Palazzo Zichy menempati bangunan hasil restorasi sebuah mansion bergaya neo-baroque yang aslinya dibangun pada abad 19. Harga kamar dimulai dari 80 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Makan di mana? Meskipun terkenal memiliki koleksi lebih dari 200 wine terbaik dunia, Borkonyha (berarti dapur anggur dalam bahasa setempat), bistro ini juga memiliki beragam menu tradisional yang diolah secara prestise, seperti aneka steak domba dan babi, hingga sayur panggang yang lezat.

[sumber Esquire Indonesia | foto pissup.com]

Baca juga:
7 Hotel paling menyeramkan di dunia
Hennessey F5 Venom saingi Bugatti Veyron?
Starting eleven FIFA best team in the world 2017

SHARE