7 Cara tetap semangat di pagi hari tanpa minum kopi

25

Apakah Anda membutuhkan secangkir (atau mungkin dua cangkir?) kopi tiap pagi agar bangun dan merasa bersemangat di pagi hari? Well, meskipun kopi memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh, menjadi ketagihan akan minuman yang satu ini juga tidak baik.

Ada lho cara lain untuk tetap bisa “menghadapi hari”.

1. Nikmati Cahaya Matahari di Pagi Hari

Membiarkan tirai kamar terbuka atau segera membukanya begitu Anda bangun akan meningkatkan kadar serotonin dan memberikan asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh agar lebih berenergi. Yup, ini adalah cara alami untuk bangun di pagi hari!

Bukan cuma itu, menurut hasil penelitian dari Northwestern University School of Medicine, cahaya matahari juga bisa menurunkan Body Mass Index (BMI). Cukup luangkan waktu selama 20 sampai 30 menit untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

2. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur dan Greek yoghurt, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh.

Ini berarti Anda akan merasa lebih kenyang dan berenergi sampai waktu makan siang tiba. Manfaat lainnya? “Membangunkan” metabolisme tubuh sehingga ia dapat membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Yeay!

3. Get Moving

Okay… Okay… Anda mungkin akan langsung mengerutkan dahi begitu membaca tips yang satu ini. Bangun pagi dan berolahraga. Akan tetapi, sebenarnya olahraga yang perlu Anda lakukan tiap pagi tidak selalu harus lari pagi atau latihan di gym, lho. Lakukan saja stretching ringan di tempat tidur untuk memompa darah dan membuat tubuh bergerak.

4. Splash of Cold

Ingin bangun lebih “cepat” dari biasanya? Coba deh mandi dengan air dingin. Hal ini bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang membuat Anda jadi lebih waspada.

Kalau merasa tidak sanggup mandi pakai air dingin, cuci muka dengan air dingin atau minum air putih yang dingin juga memiliki efek yang sama kok.

5. Kunyah Permen Karet

Berdasarkan studi yang dipublikasi oleh National Center for Biotechnology Information di Amerika Serikat, mengunyah permen karet dapat membuat Anda lebih siaga. Yes, hal yang satu ini benar-benar bisa membuat Anda bangun!

6. Dengarkan Musik yang Bikin Semangat

Musik dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin dan serotonin, yang mana bisa bikin tubuh lebih berenergi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik yang up beat di pagi hari.

Menurut music psychologist, David M Greenberg, lagu Viva La Vida dari Coldplay adalah lagu yang paling tepat didengarkan di pagi hari berkat nada yang “membangkitkan” semangat, lirik yang positif, serta tempo yang kuat antara 100 sampai 130 bpm. Pilihan lainnya: Rather Be oleh Clean Bandit.

7. Hubungi Orang yang Anda Cinta

Siapa sih yang tidak tersenyum begitu mendapat ucapan “Selamat pagi dan semangat ya hari ini” dari orang terdekat. So, luangkan waktu untuk ngobrol dengan orang yang paling Anda cintai, entah itu orangtua, adik, kakak, the girls, atau si dia.

Cukup lewat chat singkat saja sudah bisa bikin mood jadi happy, sehingga Anda lebih semangat menyambut hari.

Nah, tujuh cara ini bisa jadi “pengganti” secangkir kopi. Kalau memang minum kopi di pagi hari sudah jadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan, Anda tetap bisa kok melakukan tips yang ada di atas. Dengan begitu, pagi hari Anda jadi semakin menyenangkan dan jauh dari kata bad mood. (Hana Devarianti/SW/Image: arthurhidden@123RF.com)

Sumber Cosmopolitan Indonesia

Share it