Alasan perut buncit rentan penyakit diabetes

11

Anda mungkin sudah mengetahui fakta bahwa lemak yang tertimbun di dalam tubuh merupakan sumber dari berbagai macam penyakit. Namun, ada yang perlu lebih Anda waspadai, yaitu lokasi tertimbunnya lemak tersebut di tubuh. Jika terjadi penimbunan lemak di area sekitar perut dan pinggang, maka itu tandanya Anda harus lebih waspada.

Mengapa? Lemak yang tersimpan di bagian tersebut merupakan lemak visceral atau visceral fat. Selain karena posisinya yang berada di rongga perut sehingga meliputi organ-organ vital tubuh yang berada di dalamnya, seperti pankreas dan lever, lemak visceral juga memproduksi senyawa cytokine yang berbahaya.

Senyawa ini menyebabkan inflamasi dalam tubuh yang meningkatkan risiko terjadinya kanker, meningkatkan potensi penyakit jantung koroner, dan menyebabkan tubuh resistensi terhadap insulin, sebagai penyebab utama terjadinya diabetes melitus tipe 2.

Karena letaknya di sekitar perut, maka sebenarnya lemak ini mudah dideteksi. Perut Anda gendut atau tidak? Parameternya adalah ukuran lingkar pinggang. Boleh dikatakan, mereka yang memiliki ukuran lingkar pinggang melebihi batas normal memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit-penyakit tadi.

Bahkan, mereka yang memiliki tubuh tidak terlalu gemuk pun dapat menyimpan lemak berlebih di pinggangnya.

Untuk itu, cara paling sederhana agar terhindar dari diabetes adalah dengan mengukur lingkar pinggang Anda secara rutin. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan pita ukur.

Pertama-tama, coba raba ujung tulang pinggul Anda, lalu mulai dari titik tersebut dan lingkari perut Anda sejajar dengan lantai dengan pita ukur. Jangan mengempiskan perut Anda dan bernapaslah dengan normal.

Setelah itu lihatlah hasilnya. Menurut data dari International Diabetes Federation, lingkar pinggang rata-rata pria Asia adalah tidak melebihi 90 cm, sementara untuk wanita tidak melebihi 80 cm. Jika lingkar pinggang Anda melebihi 90 cm, maka Anda harus lebih waspada karena berisiko terkena diabetes dan penyakit serius lainnya.

Jika lingkar pinggang Anda melebihi batas normal. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi ukuran lingkar pinggang Anda. Yang harus Anda lakukan prinsipnya sama seperti jika Anda ingin menurunkan berat badan. Bagaimana caranya?

Pertama, kurangi jumlah asupan makanan harian. Kebutuhan kalori pria kantoran dengan aktivitas fisik tidak terlalu tinggi adalah sekitar 1.800 – 2.000 kcal dalam sehari.

Kedua, batasi mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti makanan yang digoreng dan santan.Batasi juga asupan gula dan makanan yang manis-manis. Pola makan ini tentu harus diimbangi dengan meningkatkan aktivitas fisik dengan memperbanyak jalan kaki atau berolahraga secara teratur untuk mengoptimalkan proses metabolisme.

Terakhir, hindari stres. Stres dapat meningkatkan hormon kortisol di dalam tubuh dapat mempengaruhi tempat penyimpanan lemak di dalam tubuh sehingga akan meningkatkan berat badan Anda.

Narasumber:  dr. Elia Indrianingsih, Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik.

[sumber Fitness For Men Indonesia | foto sijai.com]

Baca juga:
Tidak perlu hindari makanan berkalori tinggi ini!
Metode cepat ciptakan six-pack
Maskapai penerbangan terbaik di dunia 2018

SHARE