Concierge: membangun relasi dengan setiap orang

11

Concierge hotel memegang peranan penting pada pelayanan tamu atau customer dalam keseharian operational hotel.

Di Travel Talk kali ini yang dipandu Fika Rosemary bersama Christian Rahadiansyah memberikan tips dan juga rekomendasi tentang dunia concierge dengan narasumber yang sudah berkecimpung di dunia concierge selama 24 tahun, chief concierge of The Kraton Plaza Luxury Collection Hotel Jakarta, Hendri Hendriyanto.

Secara basic, tugas seorang concierge adalah pusat informasi. Tamu bisa bertanya apa saja yang berhubungan dengan concierge dan juga semua yang terkait dengan kepentingan tamu.

Concierge juga bisa dikatakan sebagai advisor, atau juga bisa dikatakan sebagai personal assistant.

Di beberapa tempat perbelanjaan seperti Mal juga terdapat concierge. Concierge hotel merupakan concierge yang lebih spesifik karena memiliki organisasi dunia.

Untuk jabatan Concierge itu sendiri memiliki tingkatan. Dipimpin oleh seorang Chief Concierge atau Head Concierge. Lalu dibawahnya ada assistant chief concierge, concierge supervisor, concierge clock, airport representative, bellman, doorman, dan juga valley.

Perbedaan setiap pekerjaan terlihat dari tugas pokoknya masing-masing. Ada beberapa yang tidak memulai pekerjaan tersebut dari jabatan yang rendah.

Golden key merupakan simbol sebagai anggota dari Prestisius Organisasi Concierge World Wide. Menurut Hendri, Concierge merupakan garda depan.

Lokasi yang berbeda, tuntutan yang di dapat juga berbeda karena tamu yang hadir juga berbeda. Sehingga ekspektasi tamu serta daily routin juga akan berbeda.

Menurut Hendri, concierge yang baik adalah concierge yang selalu punya relasi baik dengan vendor lainnya. Bagaimana kita mampu menjalin hubungan atau relasi dengan orang lain.

Concierge can do everything as long as moral and legal“. Concierge tidak akan melayani apapun kebutuhan tamu diluar batas normal karena sudah berada dalam ketentuan aturan concierge itu sendiri.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan para customer untuk memilih tujuannya mereka seperti restoran dan yang lainnya. Semakin majunya teknologi, semakin mudah untuk mendapatkan informasi, concierge memiliki kelebihan yang tidak dimiliki teknologi atau internet. We are human serve human.

Mengukur kemampuan concierge bisa diukur dari bagaimana concierge bisa memenuhi permintaan customer. Concierge yang baik juga harus bisa menjadi pendengar yang baik terhadap tamu sehingga bisa mengerti pemintaan customer itu sendiri.

Bakat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang concierge adalah ketika ia memiliki kemampuan untuk menolong atau membantu orang lain.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Miranti | foto the-connaught.co.uk]

Baca juga:
7 Fakta penting soal vitamin C
Klub trendi terbaru di Bali
Waspada 5 gangguan kesehatan pada pria

SHARE