Danau Toba, pesona danau vulkanik terbesar Asia Tenggara

39

Brava Listeners, salah satu pesona alam Indonesia yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Danau Toba, di Sumatera Utara.

Danau Toba terbentuk karena letusan terdahsyat Gunung Toba, gunung berapi supervulkan sepanjang sejarah sejak bumi terbentuk dan yang terbesar dalam dua juta tahun terakhir.

Dengan panjang 87 kilometer dan lebar 27 kilometer, tidak heran apabila Danau Toba disebut sebagai danau vulkanik atau danau kawah terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Uniknya, di tengah-tengah Danau Toba juga terdapat sebuah pulau yang luasnya sama dengan negara Singapura. Pulau ini dinamakan Pulau Samosir.

Pulau Samosir tercipta akibat pergeseran lapisan bumi membuat dasar danau naik dan membentuk Pulau Samosir yang sangat mempesona. Luas Samosir sekitar 647 kilometer persegi.

iradio_danau-toba1

Untuk pemandangannya, di sebelah utara Danau Toba masih bisa dijumpai berbagai fauna yang menarik seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet.

Sedangkan di bagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir.

Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba.

Di sini juga masih dapat terlihat deretan gunung yang sangat indah. Danau ini juga hampir selalu diselimuti dengan kabut tebal, membuat suasana danau ini sejuk dan dingin.

Apabila tidak ada kabut, dapat terlihat jelas lekukan Danau Toba yang sangat mempesona.

Apabila ingin berwisata ke Danau Toba, terdapat tempat penginapan yang bisa Anda pilih di daerah Parapat. Tentu di beberapa resort atau hotel memiliki pemandangan yang langsung menghadap ke Danau Toba.

Sekitar bulan April hingga Agustus, Suku Batak memiliki sebuah tradisi yaitu Pesta Masyarakat Danau Toba.

Pesta ini dimaksudkan untuk mengenang para nenek moyang dari Suku Batak. Pesta ini dirayakan dengan nyanyian-nyanyian, acara olahraga dan tarian-tarian khas Batak.

Selamat berlibur, Brava Listeners!

Untuk tahu Pesona Indonesia lainnya, Anda bisa mengikutinya dengan follow media sosial berikut:

Facebook: Indonesia.Travel
Instagram: @indtravel
Twitter: @indtravel
YouTube: Indonesia.Travel
Google +: Indonesia.Travel

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Gabriella Sakareza | foto stock.adobe dan dok. Kementerian Pariwisata]

Baca juga:
Candi Borobudur, Salah satu keajaiban dunia
Latihan untuk membentuk otot punggung
Peter Wongso: Jangan jadi korban mode