Daniel Tumiwa: Produk harus memberikan solusi bagi si pengguna

57

The Captain (16/3) bersama Ferdy Hasan, kali ini kedatangan narasumber yaitu seorang CEO dari platform iklan baris online terbesar di Indonesia, OLX, Daniel Tumiwa.

Pada segmen ini, mereka membahas seputar OLX.

Q: Bagaimana awalnya Anda tertarik memimpin OLX?

A: Digital media itu membuat saya selalu tertarik tentang perkembangan media evolusi dari analog ke digital, lalu mulailah internet.

Saya sangat tertarik begitu internet bisa menawarkan yang selalu saya sebut sebagai tombol ajaib, yaitu tombol yang namanya ‘beli sekarang’, begitu ada tombol beli sekarang seluruh hidup kita berubah yang tadinya kita tidak ingin sesuatu dan tidak perlu, lalu ada tombol beli, dipencet, nah jadi beli.

Q: OLX menggabungkan dua platform marketplace, Tokobagus dan Berniaga. Perkembangan begitu cepat sekali, dan banyak pemain baru bermunculan. Ada dimana posisi OLX, apakah masih jadi pemain utama?

A: Masih, dan getting stronger and stronger, sebulan kemarin kita melakukan perubahan yang menurut saya, itu cukup berani.

Dulu OLX dipakai oleh orang yang mencari kebutuhannya. Banyak yang jual motor mobil, tapi kalau memang tidak butuh, ya barang itu tidak dicari.

Namun sekarang audiensnya berubah, orang yang tidak ingin apa-apa, sekarang ketika mencari sesuatu barang, ujungnya bisa malah membeli barang lain.

Jadi kita harus menyesuaikan audiens dari yang memang mencari sesuatu, atau iseng-iseng melihat OLX, jadi tertarik untuk membeli. Dengan demikian, dapat membuka segmentasi audiens jadi lebih lebar.

Di segmen selanjutnya, mereka membahas mengenai peluang dan tantangan OLX.