Devi Pradnya Paramita: Leadership itu seperti orchestra

99

The Captain (4/20) bersama Ferdy Hasan yang kali ini ditemani oleh tamu spesial Devi Pradnya Paramita, seorang Chief Finance and Administration Officer Saka Energy.

Q: Apa rencana bisnis Saka Energy sekarang ini?

A: Lebih ke melanjutkan yang kita lakukan sekarang. Saka umurnya masih muda, berdiri dari tahun 2011, full operational since 2013. Saya sendiri baru mulai tahun 2015. Jadi, Saka ini masih balita, jadi kita harus terus menumbuhkan Saka. Proses tumbuh yang organik.

Q: Karena Saka Energy adalah anak perusahaan dari PGN, dimana core business Saka Eergy? 

A: PGN lebih ke insfrastruktur dan distribusi ke gas. Di business cycle ini ingin lebih fokus di mid ke downstream. Ibaratnya, Saka tangannya, dan PGN untuk upstream. Memang ini lini bisnis yang baru dari mulai tahun 2011

Q: Project apa yang sedang dikerjakan oleh Saka?

A: Kita sudah punya aset, sudah ada 11, yang dioperasikan ada 3, dan sisanya 8 dan yang mengoperasikan partner kita. Dari 11 aset, fasenya beda-beda. Ada yang masih eksplorasi, ada yang tahap pengembangan, ada juga sudah yang tahap produksi.

Q: Ada update di kuartal pertama tahun ini?

A: Kinerja keuangan Saka erat sekali kaitannya dengan harga komoditas. Pada kasus ini, contohnya minyak. Dua tahun belakangan harga minyak secara global lagi rendah-rendahnyanya, pergerakannya fluktuatif, untungnya di kuartal ini sedang membaik dan produksi meningkat. Jadi gabungan dari produksi meningkat dan harga komoditas yang meningkat, bisa bilang kuartal pertama sangat memuaskan.

Q: Apa peluang dan tantangannya?

A: Kalau peluang, sebenarnya sama, saya rasa seluruh industri oil dan gas pasti selalu tergantung dengan oil price. Misalnya, oil di harga 100 dollar per barrel pasti seluruh oil & gas company akan happy.

Tantangannya kalau lagi di bawah lagi menurun, itu risiko yang di luar kontrol, yang bisa kita manage adalah hal-hal yang ada di dalam kontrol, misalnya meminimalisir biaya produksi, kalau di luar wilayah kita, ya pasrah aja.

1
2
SHARE