Diet anti kolesterol jahat

16

Cara paling ampuh untuk menurunkan kolesterol adalah dengan membatasi asupan mengandung lemak dan menambahkan asupan makanan berserat. Coba konsumsi makanan sehat anti kolesterol jahat berikut ini:

1.Perbanyak makan sayuran (brokoli, tomat, kembang kol, wortel dan sayuran hijau). Selain mengandung lutein, sayuran hijau juga mengandung serat tidak larut yang dapat menurunkan kolesterol.

2.Pilih buah-buahan (stroberi, apel, jeruk, belimbing, anggur dan alpukat) karena mengandung serat larut (mudah larut dalam air) dan mudah dicerna. Serat dalam usus halus membentuk gel yang mengikat lemak kolesterol dan asam empedu. Akibatnya, asam empedu di dalam hati berkurang. Saat ingin memproduksi kembali, hati akan menarik kolesterol dari darah sehingga kolesterol darah menurun.

3.Perbanyak makan ikan laut yang hidup di kedalaman lebih dari 400 meter, seperti ikan tuna, tenggiri, bawal dan kembung. Ikan jenis ini banyak mengandung asam lemak tak jenuh Omega-3 yang bisa menurunkan kolesterol. Namun perhatikan cara mengolahnya. Kandungan Omega-3 cepat hilang saat diolah pada suhu tinggi misalnya, digoreng. Cara penyajian yang tepat adalah direbus atau tim.

4.Pilih teh hijau, karena memiliki bahan aktif katekin yang mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

5.Bawang putih banyak mengandung allicin yang berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal senyawa radikal bebas sehingga dapat melindungi kerusakan membran sel dan dinding pembuluh darah.

6.Gandum atau oatmeal adalah bahan makanan kaya serat larut dan dipercaya dapat menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan.

7.Kacang-kacangan (buncis, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau dan kacang panjang) adalah sumber serat larut yang mampu mengurangi kadar kolesterol. Kacang kedelai, mengandung glisin dan argimin yang mengontrol kolesterol.

8.Walnut dan almond. Berbagai studi menunjukkan walnut dapat menurunkan kolesterol karena banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda sehingga membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis.

Kontributor: Prof. Dr. Djoko Maryono, SpPD, SpJP, FIHA, FACC, Spesialis penyakit dalam dan jantung koroner dari Rumah Sakit Medistra Gatot Subroto Jakarta.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Destinasi wisata Berlian di kota Amsterdam
Berburu keju berkualitas di Belanda
Lakukan ini untuk atasi alzheimer