Dirilis, ini spesifikasi dan harga Civic Hatchback

28

Setelah menjadi buah penantian, akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) memboyong generasi anyar Honda Civic Hatchback Turbo pada tanggal 9 Juni 2017 di Mall Taman Anggrek, Jakarta.

Hatchback menawan ini hadir setelah saudaranya (versi sedan) sudah lebih dahulu meramaikan pasar sedan di industri otomotif Tanah Air tahun lalu. Ia merupakan varian dari generasi ke-10 Honda Civic yang bertransformasi dengan desain eksterior tajam.

Melalui peluncuran Honda Civic Hatchback, kami ingin membawa kembali kejayaan model hatchback Honda yang sudah memiliki reputasi di seluruh dunia sebagai mobil yang sporty dengan mesin yang bertenaga. Di Indonesia sendiri, Honda Civic Hatchback merupakan pelopor penjualan Honda sejak tahun 1973, dan kini hadir dengan tampilan baru dan teknologi yang canggih,” papar Takehiro Watanabe President Director PT HPM.

Kenapa Honda akhirnya membawa versi hatcback? Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM menjelaskan, “Segmen hatchback merupakan salah satu pasar yang terus memiliki potensi besar di Indonesia. Kehadiran Honda Civic Hatchback akan membuka pasar yang baru untuk hatchback kelas atas dan memberikan pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan mobil hatchback yang stylish sekaligus performa tinggi dan teknologi terdepan.

Tiga Pilar

Honda Civic Hatchback dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu “Charismatic”, ”Soulful” dan “Comfortable”. Konsep “Charismatic” mengacu pada rancangan dan pengemasan yang menghasilkan desain eksterior dan interior yang menyatu. Sementara untuk konsep “Soulful” adalah konsep dasar untuk performa Honda Civic Hatchback yang mengusung mesin baru, platform baru, serta rasa berkendara yang semakin sporty.

Sedangkan konsep “Comfortable” mewakili berbagai fitur dan teknologi canggih, yang memudahkan “interface” pengemudi dan mesin, serta meningkatkan level keselamatan. Setiap pengembangan tersebut menegaskan dominasi Honda Civic Hatchback dalam hal desain, teknologi, performa dan keselamatan.

Eksterior Honda Civic Hatchback dikembangkan dengan konsep “Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette” yang menurut Honda, bisa membuat Anda terkagum setiap melihat sisi manapun. Pabrikan juga memberikan penambahan LED Fog Lamp dan Side Position Lamp agarmenegaskan kesan sporty pada bagian samping sekaligus meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Pada bagian belakang, lampu belakang LED Light Bars dengan desain seperti huruf C tetap dipertahankan. Dual Exhaust Pipe yang meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, sehingga performa mesin lebih bertenaga dan maksimal. Selaras dengan tampilan gagahnya, Civic hatchback menggunakan velg racing 17 inci.

Kabin nyaman

selain eksterior, kabin yang dimiliki Honda Civic Hatchback juga tak kalah sporty. Dengan mengusung konsep interior “Daring ACE Design” Honda ingin membuat konsumen merasa betah berlama-lama bersamanya. Nah, di balik lingkar kemudinya, meter cluster dengan Multi Information LCD Display sanggup memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melalui layar yang informatif.

Di konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan layar sentuh 7 inci yang telah dibekali teknologi Wireless Mirroring untuk smartphone Android dan iOS di tipe E, dan HDMI Support di tipe S. Sistem Audio Video ini kompatibel dengan berbagai format media audio maupun video, dan dilengkapi dengan port USB dan Aux.

Fitur canggih lain yang disematkan pada Civic Hatchback meliputi Smart Key yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu.

One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Jantung mekanis turbo

Honda Civic Hatchback menggunakan jantung mekanis 1.5L VTEC Turbo. Mesin ini menghasilkan daya sebesar 173 hp pada 5.500 rpm dan dorongan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang tercatat paling besar di kelasnya.

Tenaga dari mesin dengan dorongan turbo tersebut disalurkan melallui transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang diklaim sangat responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Menurut Honda, sistem ini memberi akselerasi yang responsif, namun tetap halus yang berakibat konsumsi bahan bakar yang efisien.

Jika Anda menginginkan rasa berkendara sporty, gunakanlah fitur paddle shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7-speed hanya dengan menjentikkan ujung jari. Menariknya, kelincahan dan stabilitas berkendara Civic hatcback dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Untuk diketahui, jantung mekanis Civic ini telah telah lulus uji standar emisi EURO 2 oleh pemerintah Indonesia, bahkan memenuhi standar EURO 4 Compliance. Nah, jika Anda tertarik meminangnya, sediakan dana Rp 438 juta untuk tipe E dan Rp 399 juta untuk tipe S.

Source: Autocar Indonesia

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
5 Museum kontemporer wajib kunjungi di Jepang
Ratusan Mercedes-Benz tempuh 350 km dari Kuala Lumpur ke Singapura
Teknik lambat, otot besar lebih cepat