Fakta jumlah kalori pada minuman beralkohol

20

Tahukah Anda bahwa selain mengandung alkohol, minuman-minuman seperti bir, anggur merah, dan vodka juga memiliki kandungan lain yang berkhasiat bagi tubuh? Dan tahukah Anda, bahwa ada beberapa jenis minuman beralkhol yang harus Anda hindari jika tidak ingin merusak program diet yang sedang Anda lakukan? Simak artikel berikut untuk tahu fakta-fakta menarik tentang tujuh minuman beralkohol ini.


1. Long Island iced tea

Minuman yang warnanya menyerupai es teh manis ini merupakan campuran dari beberpapa minuman beralkohol seperti tequila, vodka, rum, dan gin yang kemudian ditambah dengan minuman kola. Karena setiap komposisi minuman ini sudah mengandung banyak kalori, maka long island iced tea pun secara total mengandung jumlah kalori yang sangat besar, yakni  780 kalori atau hampir setara dengan dua piring nasi goreng! Bagi Anda yang sedang diet, pastikan untuk menghindari minuman ini.


2. Guinness

Bir hitam khas Irlandia ini ternyata memiliki manfaat yang sama seperti ketika Anda memakan strawberry atau pun blueberry, karena sama-sama mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, kalorinya yang hampir setara dengan satu buah donat dan kandungan zat besi yang tinggi juga dapat menambah asupan energi Anda.


3. Bir

Minuman beralkohol paling tua di dunia ini juga memiliki kalori yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 194 kalori. Tidak mengherankan, karena bir dibuat dari bahan-bahan dengan karbohidrat tinggi seperti malt dan sereal gandum.

4. Anggur merah (red wine)

Hampir sama dengan beberapa jenis minuman beralkohol lainnya, anggur merah juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Beruntungnya, kandungan kalori pada anggur merah tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 85 kalori untuk ukuran satu ukuran gelas anggur biasa. Namun, harus diingat bahwa mengonsumsi sebotol anggur merah juga tidak baik untuk berat badan Anda.


5. Anggur putih (white wine)

Anggur putih juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Hanya saja, minuman ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anggur merah

6. Gin

Ternyata, campuran gin dengan air soda memiliki khasiat untuk mencegah malaria! Tonik atau air soda memang memiliki kandungan kina yang terdapat di obat malaria, dan kandungan itu lah yang membuat rasanya menjadi sedikit pahit. Namun, tonik yang diproduksi sekarang tidak lagi sepahit dulu dan lebih sering digunakan untuk campuran gin dibandingkan mencegah malaria.

7. Vodka

Minuman jenis ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang berdiet, karena ia memiliki kalori paling rendah jika dibandingkan dengan minuman berlakohol lainnya. Tidak hanya itu, mengonsumsi campuran vodka dan tonik juga dapat meminimalisir rasa pusing yang umumnya Anda rasakan di keesokan harinya akibat mabuk.

TEKS: HAVIERA RAHMA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Penyebab dan penanganan konstipasi
Manfaat konsumsi pisang bagi kesehatan
Jembatan unik di Tiongkok

 

SHARE