Faraday Future FF91: ‘Spesies’ baru mobil listrik

14

Startup otomotif berbasis daya listrik asal California, Amerika Serikat (AS), Faraday Future, baru saja melansir mobil komersial pertama mereka di ajang Consumer Electronics Show 2017 belum lama ini.

Kendaraan bertajuk FF91 ini disebut akan menjadi menjadi pesaing ketat Tesla Model S, mobil listrik komersial lansiran Tesla, perusahaan teknologi alternatif besutan biliuner Elon Musk.

Disebut sebagai ‘spesies baru’ oleh para petinggi Faraday Future, FF91 dilengkapi dengan mesin listrik dengan baterai berdaya 130 kWh yang mampu membuatnya melaju hingga jarak 608 kilometer tanpa henti.

Selain itu, Faraday Future mengklaim bahwa FF91 mampu melaju dari kecepatan 0 hingga 96,5 kilometer per jam hanya dalam 2,39 detik, sedikit lebih cepat dari Tesla Model S yang butuh waktu 2,5 detik untuk melakukan hal serupa.

Berbentuk sedan empat pintu, FF91 turut dilengkapi oleh teknologi parkir valet otomatis, alias tidak perlu dikendalikan oleh pengemudi, melainkan sistem pemeataan digital yang diatur dengan mudah melalui panel layar sentuh di dahsboard.

Namun, sistem pemataan digital tersebut hanya dapat dioperasikan melalui pengaturan yang melibatkan peta digital, seperti Google Maps misalnya, yang disesuaikan dengan lokasi-lokasi yang rutin atau akan dituju.

Teknologi variable platform architecture (VPA) atau platform variabel arsitektur sengaja diusung oleh Faraday Future untuk membuatnya melaju fleksibel di jalanan. Bagian sasis dan body mobil merupakan satu kesatuan yang mampu meningkatkan kestabilan, keamanan, serta kendali mobil saat dikendarai.

FF91 menggabungkan performa mobil balap dengan kenyamanan berkendara pada sedan mewah,” ujar Nick Sampson, Senior Vice President Faraday Future.

FF91 rencananya akan siap diserahkan ke konsumen pada awal 2018 mendatang dengan harga jual sebesar Rp 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Susan Bachtiar: Rejuvenate myself with healthy living
Lulu Dewayanti: Keluarga sama pentingnya dengan perusahaan
Usir stres dengan olahraga