Gigi bungsu tumbuh di usia dewasa, apakah normal?

32

Brava Listeners, apakah di antara Anda ada yang mengalami pertumbuhan gigi di geraham belakang, atau biasanya dikenal juga dengan gigi bungsu?

Dalam Health Corner kali ini, Fika Rosemary berbincang-bincang dengan DR. drg. Dewi Priandini, SpPM mengenai pertumbuhan gigi bungsu.

Dikatakan sebagai gigi bungsu karena tumbuhnya paling terakhir. Tetapi, sebetulnya gigi bungsu ini pada usia 20-an sudah mulai tumbuh. Rahang kita yang harus menampung pertumbuhan gigi sejak usia remaja, dipaksa ‘kedatangan’ satu gigi lagi yang bisa saja tidak mendapatkan tempat. Seharusnya gigi bungsu ini tidak tumbuh di usia 30 ataupun 40-an.

“Gigi geraham itu ada tiga. Gigi geraham pertama, normalnya tumbuh saat kita berusia enam tahun. Lama-kelamaan rahang kita sudah mulai penuh, dan tidak dapat menampung si gigi bungsu ini. Sampai akhirnya, gigi ini terpaksa tumbuh secara miring, ataupun hanya setengah saja. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan makanan dan membuat gigi kita menjadi bolong.”

Menurut Drg. Dewi, pertumbuhan gigi bungsu ini bisa menyebabkan pegal-pegal saat kita sedang membuka mulut. Jika sudah keluar setengah, dapat menyebabkan bengkak serta nyeri-nyeri. Jika sudah menyerang syaraf, baru terasa ‘dahsyat’-nya sakit gigi.

Brava Listeners, jika sudah mulai mengalami gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan malas-malas untuk datang ke dokter gigi ya. Periksakan gigi anda, agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

[teks Adhi Satria | foto merdeka.com]

Baca juga:
Linda Gumelar: Sosialisasi kanker payudara adalah yang utama
Indahnya kain tenun Sumba Timur dalam Lukamba Nduma Luri
Suka makan keju? Ini keju pilihan saat diet