Hennessey F5 Venom saingi Bugatti Veyron?

6

Rekor mobil tercepat di dunia saat ini masih dipegang oleh Bugatti Veyron 16.4 Super Sport yang diproduksi pada 2011 silam, yakni mampu mencapai kecepatan hingga 267 mph.

Begitupun dengan Bugatti Chiron produksi tahun 2017, kecepatannya mampu melesat hingga 261 mph, termasuk untuk versi elektroniknya yang terbatas. Namun, pamor Bugatti tampaknya akan runtuh oleh kehadiran supercar lainnya, yakni Hennessey F5 Venom.

Minggu lalu, Hennessey melansi teaser supercar terbarunya, F5 Venom, yang rencananya akan dikenalkan secara perdana di ajang SEMA Show di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), pada awal November mendatang. Desas-desus mengatakan bahwa mobil ini mampu melanju hingga kecepatan 300 mph.

Saya rasa antara kecepatan 290-an mph hingga 300 mph dapat dicapai dengan baik,” ujar sang pendiri, John Hennessey kepada laman Top Gear.

Pabrikan otomotif asal Texas, AS itu mendesain F5 Venom sebagai mobil dengan material yang lebih ringan dibandingkan kebanyakan mobil premium buatan negeri Paman Sam. Mobil ini didukung oleh mesin V8 dan dua buah turbocharger.

Selain itu, body mobilnya juga didesain sangat aerodinamis yang terinspirasi oleh kekuatan besar angin tornado F5, yakni mampu mencapai kecepatan antara 262 hingga 317 mph.

Sebagai informasi, Bugatti dan Hennessey sejak lama terlibat persaingan sengit dalam memproduksi mobil-mobil berkecepatan super tinggi. Sejatinya mobil tercepat di dunia saat ini adalah Hennessey Venom yang mampu mencapai kecepatan puncak 270 mph pada 2014 lalu.

Sayang, kecepatan super tersebut tidak diakui oleh Guinness World Records karena hanya dilakukan dalam satu putaran dan tidak diproduksi massal. Itulah mengapa, rekor mobil tercepat di dunia dipegang oleh Bugatti Veyron yang kini dijual di pasaran.

[sumber Esquire Indonesia | foto autocar.co.uk]

Baca juga:
7 Hotel paling menyeramkan di dunia
Pesona wisata di negara Prancis
Starting eleven FIFA best team in the world 2017