Honda Civic Type R: Monster bertenaga super

29

Waktu seakan berhenti ketika Honda Civic Type R berhasil memecahkan rekor lap time tercepat di sirkuit Nürburgring. Hatchback super bertenaga monster ini seolah membungkam para haters yang sebelumnya pesimis Civic mampu melakukannya.

Di sisi lain, pihak Honda bersorak gembira menyambut pencapaian tersebut. Sebuah hasil kerja keras yang mencerminkan semangat dan kecintaan Honda terhadap dunia balap.

Pencapaian mekanis yang dikolaborasikan dengan desain berestetika tinggi. Sebuah kombinasi dengan dosis tepat bagi gentlemen yang ingin tampil sporty ketika menyusuri jalanan ibukota pada saat weekend.

Honda Civic Type R adalah model yang dikembangkan untuk mencerminkan semangat dan kecintaan Honda terhadap dunia balap. Karakter sport dari Honda Civic Type R juga bukan hanya terlihat dari keunggulan spesifikasi di atas kertas, namun telah teruji di berbagai lintasan balap termasuk melalui prestasinya sebagai mobil penggerak roda depan dengan rekor Lap Time tercepat di sirkuit Nürburgring. Hal ini sekali lagi menunjukkan komitmen Honda untuk menghadirkan produk-produk terbaiknya untuk konsumen di Indonesia,” papar Takehiro Watanabe President Director PT HPM.

Honda Civic Type R bermesin 2,0 liter VTEC Turbo bertenaga maksimal hingga 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.

Tenaga Honda Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. Fungsi ini dapat dinyalakan dan dimatikan pada pengaturan di dalam mobil.

Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan. Di bagian depan, Honda Civic Type R dilengkapi suspensi MacPherson Strut yang meminimalkan torsi pada setir dan memaksimalkan handling.

Sementara di bagian belakang, Multi-Link Suspension membantu Honda Civic Type R memperbaiki kestabilan saat mengerem serta mengurangi perpindahan body saat tikungan.

Honda Civic Type R juga dilengkapi dengan Four-Wheel Adaptive Damper System yang memberikan kualitas berkendara superior dan performa yang luar biasa.

Untuk memberikan kenikmatan berkendara di setiap situasi, tersedia pula tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk sensasi berkendara harian di dalam kota, Sport untuk sensasi berkendara yang lebih sporty dan +R untuk sensasi berkendara mobil balap di sirkuit.

FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Pilih destinasi liburan berdasarkan hobi Anda
5 Kelebihan New MINI John Cooper Works Countryman
The Gunawarman merayakan grand opening