Indonesia menjadi salah satu target virus komputer dunia

11

Menurut data Security Intelligence Report (SIR) volume 22 yang baru saja dilansir oleh Microsoft Asia Pasifik, disebutkan bahwa Indonesia termasuk di dalam lima besar negara yang paling terekspos program berbahaya pada komputer di kawasan Asia Pasifik.

Tercatat sebanyak 45,2 persen komputer di Indonesia terserang malware pada kuartal 2 tahun 2016. Hal tersebut lebih tinggi dari angka rata-rata global pada kuartal yang sama, yakni 20,8 persen.

Kategori perangkat lunak berbahaya yang paling sering ditemui di Indonesia pada kuartal 2 tahun 2016 adalah Trojans, yakni 41,5 persen angka serangan pada seluruh komputer, naik 37,8 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sementara serangan Worms menempati posisi kedua, sebesar 24,5 persen pada seluruh komputer, turun 26,3 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Adapun secara keseluruhan, laporan terkait menyebut sebanyak 13 negara di Asia Pasifik memiliki risiko besar terkena ancaman serangan program berbahaya pada komputer. Ketiga belas negara tersebut, secara berurutan adalah: Bangladesh, Kamboja, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Nepal, Thailand, Filipina. Sri Lanka. Malaysia, Korea Selatan, Singapura, dan Selandia Baru.

Sebagai informasi, laporan semi-tahunan bertujuan memaparkan data dan sudut pandang mendalam terhadap lanskap ancaman global, secara spesifik kepada kerentanan perangkat lunak, eksploitasi, malware, dan serangan berbasis web.

Dalam versi terbaru ini, laporan tersebut melacak endpoint serta ancaman data pada komputasi awan dan profil lebih dari 100 pasar individu. Laporan ini juga membagikan studi kasus terbaik dan solusi yang dapat membantu organisasi untuk dapat melindungi, mendeteksi dan merespon ancaman dengan lebih baik.

Bagaimanapun, kita tidak akan selamanya tetap aman dan dapat mencapai kapasitas secara penuh pada dunia yang selalu terhubung ini, tanpa memahami ancaman keamanan siber dan menambah pemahaman mengenai perkembangan cybercrime,” jelas Antony Cook, Associate General Counsel, Microsoft Asia Pasifik, Jepang & Australia.

[sumber Esquire Indonesia | foto techama.com]

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Cara agar lebih kekar dalam 30 menit
Inovasi terbaru dari Barry Calebaut
Omega Seamaster Aqua Terra edisi 2017

SHARE