Inilah cara hidup orang kaya yang sesungguhnya

23

Anda mungkin tidak percaya jika pria terkaya di dunia, Warren Buffet, tidak hidup dalam kemewahan. Faktanya memang begitu. Rumah yang ditempatinya kini adalah rumah yang telah dibeli sejak lama.

Berlokasi di kota Omaha, negara bagian Nebraska, Amerika Serikat (AS), rumahnya tersebut hanya bernilai 652.619 dollar AS, atau sekitar Rp 870 juta. Hal tersebut merupakan anomali di antara para miliarder dunia.

Namun fakta yang berada di baliknya akan membuat Anda merasa tertampar. Meskipun kaya raya, namun faktanya Warren Buffet menggunakan 95 persen kekayaannya untuk kegiatan filantropi dan investasi.

Baginya, kekayaan bukanlah untuk bersenang-senang, namun dapat berbagi untuk memberikan kebaikan kepada orang lain, baik dalam partisipasi ekonomi maupun kegiatan amal.

Ternyata, kebiasaan smart spending (pengeluaran bijak) yang dilakukan oleh Warren Buffet turut dilakoni oleh para miliader dunia lainnya. Mengutip dari laman Business Insider, seorang pakar akuntansi sekaligus peneliti, Thomas C. Corley, melakukan riset wawancara kepada sederet miliarder dunia selama lima tahun.

Corley menemukan bahwa mayoritas miliarder melakoni gaya hidup ‘Rich Habit‘ dengan cara berinvestasi atau menabung uang untuk masa depan.

Warren Buffet

Mereka (para miliader dunia) paham arti kerja keras, sehingga tidak akan bersikap ceroboh dalam memanfaatkan kekayaan yang diraihnya. Rata-rata mereka menyebut bahwa rumah nyaman, keluarga kecil yang bahagia, dan tata keuangan yang baik adalah prioritas utama dalam kehidupan mereka,” ujar Corley.

Corley menyebut bahwa pasar mewah (luxury) yang berkembang saat ini justru didominasi oleh konsumen kelas menenangah yang memiliki risiko miskon cukup besar.

Memang butuh proses jatuh bangun dalam menghargai kemapanan. Menjadi kaya raya adalah buah kerja keras, namun untuk hidup kaya raya adalah pilihan dalam melihat masa kini dan memprediksikan dengan baik kelanjutan di masa depan,” lanjut Corley.

TEKS: YRIS SHABRINA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
BMW Seri 4 diluncurkan di Indonesia
Spa mineral laut untuk rejuvenasi maksimal
Changi Airport jadi bandara terbaik di dunia

SHARE