Jarang pakai kacamata bisa menambah minus?

16

Banyak orang yang berkacamata minus merasa tidak memakai kacamata dalam keseharian bisa meningkatkan minus matanya. Hingga, akhirnya banyak dari mereka pun enggan melepaskan kacamata kemana mereka pergi.

Tetapi, tahukah Anda alasan ilmiah dari kenapa kondisi itu bisa terjadi? Dijelaskan dr. Rita Polana, Sp.M, dokter spesialis Mata RS. Pondok Indah- Pondok Indah, minus bisa bertambah pada orang yang jarang memakai kacamata itu karena mata memiliki sel yang bertumbuh dan berkembang.

Namun, bagi mereka bermata minus tapi tidak memakai kacamata sel tersebut tidak bisa berkembang. Dan masalahnya, sel itu tidak bisa dikoreksi untuk bisa tumbuh dan berkembang. Efeknya, sel yang ada di dalam mata jadi kerdil-kerdil, hingga pada satu kondisi kemampuan penglihatan seseorang jadi makin menurun.

Meski retinanya masih bagus, tapi kalau selnya kerdil-kerdil, fungsi mata bakal menurun – pandangan Anda nggak bakal bisa fokus. Inilah yang bikin akhirnya minus orang bertambah,” terangnya dalam acara media discussion menai Laser YAG & Argon di Meradelima Resto, ruang Bambu, Jakarta, baru-baru ini.

Efek dari kebiasan itu membuat mata gampang letih. Di mana lensa pada mata dipaksa untuk dalam mode fokus terus.

Kalau orang tidak pakai kacamata menjalani sehari-hari, dia bakal berusaha memfokuskan objek yang ada di depan matanya dari pandangan yang sudah kabur. Entah untuk kebutuhan membaca atau sekedar berinteraksi seperti ngobrol”

“Nah itu dikondisi tersebut lensa dia itu jadi cembung terus. Karena dia memakai untuk fokus terus dan tenaga yang dikeluarkan sangat besar. Tetapi, pada akhirnya dia bakal ngerasa ‘kok gue pandangan mata gue nggak bisa fokus’, ya. Padahal itu sudah memfokuskan matanya. Dan dititik inilah baru mulai berasa efek dari nggak pakai kacamata, dan akhirnya kapok untuk tidak pakai kacamata,” terangnya.

[sumber Fitness For Men Indonesia | foto buy-glass-online.com]

Baca juga:
Pertimbangkan baik-baik sebelum konsumsi makanan ini
Mengapa seseorang rentan sakit saat pergantian musim?
5 Destinasi petualangan di tahun 2018