Kehebatan Ferrari 488 Challenge

28

Ferrari 488 Challenge resmi dirilis di ajang Ferrari World Final di Daytona, Florida Amerika Serikat. Dikatakan, Ferrari 488 Challenge merupakan model keenam yang akan berpartisipasi dalam seri one-make race berskala internasional.

488 Challenge mengandalkan mesin turbo V8 670 cv berkapasitas 3,9 liter. Model ini satu detik lebih cepat dari pendahulunya, 458 Challenge EVO.

Dibandingkan dengan mesin V8 milik 488 GTB, powertrain 488 Challenge dilengkapi dengan pemetaan mesin spesifik yang dioptimalkan untuk performa balapan, serta rasio gigi yang lebih rendah.

Dalam hal dinamika kendaraan, perangkat lunak Slip Slip Control (SSC) yang telah disetujui oleh Ferrari untuk pertama kalinya diterapkan pada 488 Challenge.

Dari segi desain, ubahan paling nyata dari 488 Challenge adalah dari sisi aerodinamika. Bumper depan sepenuhnya dirancang ulang untuk meningkatkan downforce dan menyeimbangkan beban sektor buritan.

Keuntungannya, terjadi peningkatan efisiensi sebesar 7 persen dibanding 458 Challenge EVO.

Kap mesin depan juga benar-benar baru dengan ventilasi tiga rangkap dan penutup yang terintegrasi untuk mengarahkan aliran udara panas dari radiator belakang.

Untuk meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi, Ferrari 488 Challenge dilengkapi dengan sayap belakang yang lebih besar, dengan profil air foil serupa yang digunakan pada 488 GTE yang memenangkan FIA World Endurance Championship 2016.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Andre Fransisco]