Kenalilah penyakit kulit seperti ini

36

Pernakah Anda mendengar tentang penyakit Psoriasis? Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit Anda. Penyakit ini membuat kulit lebih tipis dan lebih peka terhadap sentuhan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit ini, Dr Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp. KK selaku Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin akan menjelaskannya di Health Corner.

Psoriasis dapat terjadi karena kebiasaan sel kulit yang tidak normal. Ketidaknormalan sel kulit ini terlihat dari suatu proses yang selalu dialami manusia yaitu pergantian kulit. Normalnya, kulit kita akan mengalami pergantian 3 minggu sekali.

Akan tetapi, orang yang terkena penyakit ini akan mengalami pergantian kulit setiap 36 jam. Tidak hanya waktu pergantian kulit, tetapi lebih banyak kulit yang terbentuk baru dibandingkan kulit yang mati.

Karena hal yang tidak normal, maka tubuh merespon dengan menggunakan sel radang. Karena adanya peradangan ini, kulit akan tetap terlihat baik, tetapi tidak terlalu matang sehingga mudah untuk terkupas.

Penyebab dari penyakit ini biasanya berhubungan dengan genetic di dalam tubuh. Tetapi, tidak semua orang dengan mempunyai tanda genetic tersebut akan menderita kelainan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena hal yang menjadi pencetus penyakit ini tidak aktif.

Pencetus asli dari penyakit ini masih dicari sampai saat ini, tetapi salah satu pencetus yang sudah bisa ditemukan adalah stress atau salah obat.

Beruntungnya, penyakit ini tidak menular, akan tetapi dapat menurun ke anak atau cucu.

Gejala dari penyakit ini adalah kulit memerah, kulit menebal dan gampang terkelupas seperti rontok, sebagian ada yang merasa gatal dan dapat merasakan panas dalam kulit yang disebabkan pembuluh darah yang melebar.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

[teks Andre Fransisco | foto life4fitmama.com]

Baca juga:
Tawaran gaji terbesar LA Galaxy untuk Ibrahimovic
Faraday Future FF91: ‘Spesies’ baru mobil listrik
Usir stres dengan olahraga

SHARE