Kiat khusus melawan kelelahan berolahraga

23

Sehebat apa pun Anda, daya tahan tubuh tetap menjadi supir utama tubuh yang akan menjadi faktor pembeda di lapangan.

Daya tahan tubuh ini yang berpengaruh besar dengan segala faktor dalam kegiatan olahraga, termasuk mentalitas dan fokus di dalam lapangan.

Daya tahan tubuh kadang menjadi lawan terberat yang harus dikalahkan oleh Anda sebelum mampu memenangi sebuah pertandingan olahraga. Mengalahkannya memang bukan saat melakukan olahraga, tapi sebelumnya.

Memupuk daya tahan tubuh memang tidak bisa didapatkan dalam satu atau dua kali latihan. Butuh waktu yang panjang untuk mencapai titik terbaik tubuh hingga Anda bisa terus bergerak.

Kalau memang Anda harus melakukan sebuah pertandingan besar dalam kurun waktu tiga atau empat hari, tampaknya bukan sesuatu masalah untuk tubuh Anda nantinya. Intinya, kalau sudah menang melawan rasa lelah itu, Anda sudah memenangi sebuah pertandingan.

Kami pun merangkum beberapa pola latihan terbaik untuk membuat tubuh Anda mencapai titik sempurna lebih cepat.

1. Istirahat Cukup

Kami tidak perlu bilang lagi kalau Anda harus berlatih dengan giat dan rutin. Namun, kami harus mengingatkan Anda untuk beristirahat sebenar-benarnya istirahat setelah semua kerja keras yang Anda lakukan. Dengan mengimbangi latihan dan istirahat, Anda bisa mengajak tubuh Anda untuk berlari lebih jauh.

2. Buat Variasi

Semua bagian tubuh Anda terhubung satu dengan yang lainnya. Kalau latihan daya tahan tubuh dengan berlari berpuluh-puluh kilometer, tanpa latihan beban hanya akan membuat tubuh Anda tak bertenaga.

3. Minum Jus Buah

Ini juga bagian dari ilmu pengetahuan, macam-macam berry bisa membantu meningkatkan stamina. Jadikan jus menu wajib sebelum berganti baju latihan.

4. Jangan Mulai dari Nol

Lakukanlah latihan kecil, seperti jogging atau bersebeda, di hari sebelum sebuah ajang olahraga besar. Ini seperti pemanasan agar di hari H tubuh Anda tidak memulainya dari nol.

5. Perbanyak Air

Tubuh Anda juga akan meminta air yang banyak sebenarnya. Tapi kalau memang Anda ingin daya tahan tubuh tetap terjaga, sebaiknya melebihkan konsumsi air harian Anda.

(Image : Antonio Guillem/Shutterstock/Click Photos)

Sumber Maxim Indonesia

Share it