Kue ini wajib Anda cicipi saat melancong ke Macau

188

Macau adalah salah satu destinasi wisata terbaik di dunia yang bukan hanya menyajikan spot-spot menarik tapi juga kuliner yang lezat, salah satunya Portuguese egg tart ini.

Macau adalah kota yang pernah dikuasai Portugis selama lebih dari satu abad. Karenanya, bangunan-bangunan bergaya Eropa banyak tersebar di kota seluas 30,3 kilometer persegi ini. Tapi sekarang, Macau telah kembali ke pangkuan China dengan status ‘Special Administrative Regions’.

Beberapa tempat wajib yang harus dikunjungi di Macau diantaranya adalah, Macau Tower [coba bungee jumping-nya yang masuk dua tertinggi di dunia, 233 meter], Ruins of St. Paul’s, A-Ma Temple, The House of Dancing Water, dan masih banyak lainnya. Selain tempat wisata, kuliner Macau tak kalah menarik seperti Portuguese egg tart peninggalan bangsa Portugis.

Portuguese Egg Tart hadir di Macau ketika pertama kali ditemukan di Guangzhou pada tahun 1920, ketika terjadi perang opium pertama. Sejak saat itu budaya Eropa diperluas hingga daerah Guangzhou, termasuk budaya makanannya.

Pada tahun 1940, Portugis sebagai negara Eropa yang menduduki Hong Kong memperkenalkan custard tart, yang kemudian diadaptasi oleh penduduk Macau, dan dikenal sebagai Portuguese egg tart.

Lalu mengapa kue ini begitu spesial dan wajib dicicipi saat ke Macau? Alasan utama, karena kue ini memiliki rasa manis bercampur telur dan karamel yang pas. Kelembutan permukaan kue pun nikmat saat ‘mendarat’ di mulut. Dengan rasa dan kelembutannya itu, jangan heran kalau Portuguese egg tart bisa membuat Anda ketagihan.

Selain rasanya yang enak, kue ini pun bebas dari bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, karena tanpa bahan pengawet kue ini mudah basi jika terlalu lama disimpan sehingga sulit dijadikan sebagai oleh-oleh. Sangat mudah mendapatkan Portuguese egg tart di Macau.

Hampir di setiap sudut kota, pusat perbelanjaan pasti menjajakan camilan khas ini. Karena beli langsung dimakan, maka kue ini pun cocok sebagai teman ketika berbelanja, atau pun menyusuri tempat-tempat wisata di Macau.

Anda juga bisa mengunjungi tempat yang spesial menyajikan Portuguese egg tart seperti Lord Stow’s Bakery & Cafe yang terletak di 1 Rua da Tassara, Coloane Island, Macau. Di toko bakery yang sudah buka sejak 1989 ini, satu egg tart dihargai sekitar MOP 8 atau sekitar 11 ribu rupiah.

Sudah siap terbang ke Macau, Brava Listeners?

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza / sumber liputan6.com | foto yummy.ph]

Baca juga:
Bahaya tak terduga dari white wine
Kenali kode etik di Gym
Kenali khasiat teh calendula untuk kesehatan

SHARE