Lee Kang Hyun: Inovasi merupakan hal yang penting

14

Di segmen ini, mereka berbicara mengenai awal mula perjuangan Samsung di dunia teknologi.

Q: Bercita-cita untuk menjadi top 5 brand termahal di dunia, strategi apa yang dilakukan untuk mewujudkan misi tersebut?

A: Paling penting adalah tentang bagaimana memberikan hal istimewa kepada konsumer. Apa yang paling diperlukan konsumer? Hal itu didukung dengan inovasi. Bukan hanya di headquarter Korea saja, namun juga di Indonesia.

Karena memang keperluan dimana-mana berbeda, sifat dan kesukaan juga berbeda, harus disesuaikan tempatnya. Inovasi sangat penting, bukan hanya dari inovasi produk saja, tapi juga inovasi service, jadi Samsung juga berusaha untuk selalu ada 24 jam 7 hari untuk para konsumer.

Q: Apa kunci Samsung untuk mengejar hampir seluruh brand dan menjadi no.1 di dunia?

A: Waktu Samsung memulai bisnis, sebenarnya belum ada teknologi apa-apa, namun di zaman itu perusahaan Jepang sudah menguasai dunia. Samsung sendiri maunya memang membuat satu perusahaan eletronik tapi basic elektroniknya tidak ada.

Karena memang basic-nya Korea dan Jepang ada persaingan, jadi mana mungkin Korea mau kalah dengan Jepang, jadi akhirnya orang R&D Samsung harus berinovasi mati-matian.

Mereka sudah terbiasa 3 bulan tidak pernah pulang ke rumah, makan tidur di kantor. Karena orang Korea nasionalisnya kuat, semua ini dilakukan demi negara, demi perusahaan, dan demi keluarga.

Q: Apa saja produk Samsung yang menjadi unggulan di Indonesia?

A: Umumnya, semua unggulan nomor 1 di Indonesia. Seperti yang tadi sudah saya sebutkan mulai dari TV, handphone, kulkas. Tapi bukan hanya itu saja, ada juga produk unik misalnya, jam.

[teks Nada Inditya Lifa | foto dok. Brava]

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Impresi klasik pada koleksi eyewear Porsche Design
5 negara seru untuk solo traveling
Adrian A. Gunardi: Everything is being digitalize