Makan makanan ini agar tak lapar saat berpuasa

76

Ada banyak cara untuk kuat berpuasa. Salah satu yang paling penting adalah memakan makanan yang tepat. Para ahli gizi dan dokter banyak menyarankan kita agar mengasup menu utama yang mengandung karbohidrat kompleks karena lebih tahan lama serta menstabilkan gula darah.

Jauhi makanan berlemak yang memicu meningkatnya kadar hormon insulin dalam tubuh.

Pilih pula makanan yang mengandung serat alami seperi buah dan sayuran, sumber protein hewani (ikan), buah-buahan serta minum air secukupnya. Guna memudahkan kita, inilah daftar makanan yang dapat menahan lapar saat berpuasa.

1. Nasi merah

Agar kuat berpuasa, nasi merah wajib Anda konsumsi saat sahur. Mengandung karbohidrat kompleks, nasi merah akan membuat kadar gula darah kita menjadi lebih stabil. Gula darah yang terjaga membuat kita tidak akan mudah merasa haus sehingga baik untuk menu sahur.

2. Oatmeal

Kelebihan makanan ini adalah memberi rasa kenyang yang tahan lama. Sama seperti nasi merah, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Kelebihan lainnya adalah kandungan serat yang baik bagi pencernaan. Agar semakin maksimal, tambahkan susu serta buah dan kacang-kacangan dalam menu oatmeal Anda.

3. Telur

Telur juga mengenyangkan dan baik untuk dikonsumsi saat sahur. Telur juga menekan ghrelin, hormon yang merangsang otak untuk merasa lapar dan memiliki keinginan makan.

4. Sayur

Sayur membuat kita kenyang lebih lama. Kandungan vitamin dan zat bermanfaat di dalam sayuran juga menjadi bonus bagi kesehatan tubuh ketika berpuasa. Cobalah mengkonsumsi sup sayuran saat sahur dan rasakan perbedaannya.

5. Alpukat

Jus alpukat murni mampu mencegah lapar, dan mengandung lemak serta serat yang baik bagi tubuh. Kandungan bermanfaat lainnya adalah potasium, folat, serta vitamin E. Ketiga kandungan itu mengenyangkan.

6. Kacang-kacangan

Kacang kaya protein dan karbohidrat kompleks sehingga dapat mencegah kelaparan dini saat berpuasa.

7. Ikan
Salmon atau Tuna dapat membuat perut menahan lapar lebih lama. Sebaiknya ikan dikukus, dan dipanggang. Tambahkan sayuran hijau agar semakin bermanfaat sekaligus nikmat.

8. Dark Chocolate
Coklat hitam mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sekaligus memberi rasa bahagia melalui kandungan zat bermanfaat di dalamnya.

9. Kurma
Tingginya kandungan serat dalam buah kurma akan membuat kenyang. Ada baiknya menutup makan sahur Anda dengan mengkonsumsinya.

FOTO: FREEIMAGES.COM/YAROLAV B

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Studio Ghibli akan buka Anime Theme Park tahun 2020
Sajian lezat untuk berbuka puasa di Gran Melia Jakarta
Electric board dengan teknologi AI pertama di dunia

SHARE