Mandi air dingin atau hangat, mana yang lebih sehat?

21

Mandi adalah ritual yang wajib dan biasa kita lakukan setelah berolahraga. Tujuan utamanya adalah untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan keringat yang banyak keluar saat olahraga.

Selain itu, mandi juga bermanfaat untuk melegakan otot-otot, mengurangi peradangan otot pascalatihan, bahkan meminimalisir terjadinya cedera.

Karena manfaat itu, banyak pusat kebugaran yang menyediakan pilihan mandi air hangat atau air dingin. Mau pilih yang mana? Tentu, setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda terkait pilihan air yang digunakan.

Ada yang lebih menyukai mandi dengan air hangat karena diklaim memberikan kelegaan. Ada juga yang memilih air dingin karena dianggap membuat tubuh lebih segar. Meski Anda berhak memilih berdasar selera, sebaiknya Anda tetap mempertimbangkan beberapa manfaat dari mandi air dingin atau air hangat.

>> Mandi air dingin.
Mandi dengan air dingin akan membuat tubuh Anda mengalami vasokonstriksi, yaitu suatu kondisi dimana pembuluh darah menyempit dan memberikan efek freezebagi aliran darah. Kondisi ini akan menghambat peredaran darah sehingga tidak terjadi pembengkakan pada bagian yang nyeri atau cedera usai berlatih.

Air dingin juga dapat digunakan untuk mengurangi inflamasi (peradangan) pada otot dan sendi pascaolahraga. Saat berolahraga, otot dan sendi mendapatkan beban 5 – 6 kali dari beban aktivitas harian sehingga menimbulkan rasa pegal, muncul warna kemerahan, serta menyebabkan nyeri. Air dingin akan meredakannya. Suhu air ideal yang direkomendasikan ialah 10 – 18 derajat Celcius selama 10 – 15 menit.

>> Mandi air hangat.

Berbeda dengan air dingin, saat menggunakan air hangat, tubuh Anda akan mengalami vasodilatasi, kondisi saat pembuluh darah melebar sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh maupun otot Anda kembali ke kondisi normal.
Penggunaan air hangat juga berfungsi memberikan kelegaan dan membuat tubuh lebih rileks akibat kelelahan usai berolahraga.

Namun, air hangat tidak berguna untuk menghilangkan cedera saat latihan. Air dinginlah yang mempercepat proses pemulihan cedera tersebut. Suhu air yang ideal untuk digunakan ialah 37 – 38 derajat Celcius selama 10-15 menit. Jangan mandi air hangat atau panas terlalu lama karena akan membuat kulit kering.

Dari keterangan di atas, disimpulkan bahwa air dingin maupun air hangat sama-sama memiliki manfaat yang ideal bagi tubuh. Sesuaikan dengan kondisi tubuh serta manfaat yang ingin Anda dapatkan. Sebagai catatan, manfaat mandi dengan kedua jenis air tersebut akan makin terasa jika Anda teratur menggunakannya.

Narasumber: dr. Andi Kurniawan, Sp. KO, spesialis kedokteran olahraga dari Indonesia Sports Medicine, Senayan, Jakarta.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Jaga kembali kesehatan tubuh setelah lebaran
Ini Jersey Manchester United terbaru. Ada yang beda?
Mengintip keluarga baru Omega Speedmaster 38 mm

SHARE