Manfaat konsumsi susu di bulan puasa

71

Bagi orang dewasa mengonsumsi susu mempunyai manfaat tersendiri. Kandungan kalsium dalam susu memperlancar gerak saraf, dan menjaga kepadatan tulang.

Waspadai kurangnya kebutuhan kalsium pada tubuh. Hal ini, membuat tubuh mengambil kalsium dari tulang yang dapat mengakibatkan osteoporosis.

Dan ternyata mengonsumsi susu di bulan puasa ini, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K) selaku spesialis gizi klinik menyarankan untuk konsumsi susu saat sahur. Hal ini dikarenakan asupan gizi pada susu akan membantu pemenuhan kebutuhan gizi dan menenangkan pencernaan.

Inge juga mengatakan bahwa susu baik dikonsumsi saat sahur karena sifatnya mengenyangkan. Saat malam hari susu juga baik untuk dikonsumsi karena membuat tidur lebih nyenyak [diminum sebelum tidur].

Susu memiliki tujuh manfaat gizi yaitu protein, sumber tenaga, vitamin, mineral, kalsium, zat besi, dan serat pangan. Namun susu juga mengandung laktosa, yang hanya bisa dicerna oleh enzim laktosa.

Ketika komsumsi susu jarang dilakukan maka jumlah enzim akan berkurang dan proses pencernaan laktosa akan sulit. Hal ini memicu diare akibat intoleransi laktosa.

Untuk meminimalkan intoleransi laktosa, Inge menyarankan untuk mulai membiasakan minum susu lagi. Dimulai dari seperempat gelas sekali minum untuk melatih usus terbiasa dengan laktosa dalam susu.

Bagi yang tak terbiasa minum susu Inge menganjurkan untuk melakukannya secara perlahan.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks onne / dokterdigital.com | foto disehat.com]

Baca juga:
Menu terbaik berbuka puasa
TeamLab Future Park hadir di Indonesia
Bentuk six-pack lebih cepat

SHARE