Mengenal perawatan paliatif untuk penderita kanker

19

Apakah Anda pernah mendengar istilah perawatan paliatif? Meskipun belum banyak dikenal di Indonesia, tapi perawatan paliatif ini merupakan bagian integral dari pendekatan therapeutic untuk penyakit tidak menular seperti kanker.

Dalam Health Corner bersama Prof. DR. dr. Aru Sudoyo, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia membahas mengenai perawatan paliatif.

Paliatif berasal dari kata valiasi yaitu upaya untuk meringankan penderitaan.

Selama perjalanan dan pengobatanya, aspek paliatif awalnya tidak banyak namun lama-lama makin besar, lalu ketika aspek pengobatan semakin kecil maka aspek perawatan paliatif semakin besar.

Jika obat sudah tidak diberikan lagi, perawatan paliatif menjadi yang paling utama. Paliatif itu mencakup aspek sosial, pikologis pengurangan nyeri, hingga bagaimana pendekatan dengan keluarga dan sebagainya.

Kalau di Indonesia, perawatan paliatif sendiri belum banyak diterapkan dan cara-cara yang dilakukan pun belum sesuai standarisasi. Untuk paliatif care sendiri dibutuhkan ilmu dan pendidikan khusus, mulai dari bagaimana menyesuaikan keadaan pasien hingga kapan memberikan obat dan lain-lain.

Untuk ke depannya, pendekatan paliatif akan membantu keluarga pasien, pasien dan survivor, karena banyak diketahui bahwa banyak pasien takut pulang. Karena pemikiran “bagaimana kalau dirumah? apa yang harus dilakukan?”, disitulah¬†perawatan paliatif mengambil peran.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang perawatan paliatif bisa langsung mendatangi Yayasan Kanker Indonesia, Lebak Bulus. Di sana terdapat dokter dan perawat yang sudah terlatih, mereka juga dapat mendatangi rumah pasien jika dibutuhkan dan diminta.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Nada Inditya Lifa | foto meetdoctor.com]

Baca juga:
Inilah 10 maskapai penerbangan terbaik di dunia 2017
4 Solusi jitu untuk atasi vertigo
Gereja Andrew berada di atas air

SHARE