Mengenal terapi oil pulling

13

Oil pulling merupakan pengobatan khas Ayurveda yang telah ada sejak tiga ribu tahun silam. Meski sekilas terkesan konvensional, namun sebetulnya terapi ini menjanjikan banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus sangat simpel untuk diaplikasikan.

Caranya sesederhana berkumur-kumur dengan minyak sebanyak satu sendok makan selama 20 menit saja, tanpa menelannya kemudian. Sebagai pilihan tipe minyak, Anda bisa menggunakan virgin coconut oil, minyak wijen ataupun sunflower oil.

Namun untuk oil pulling ini, minyak kelapa dinilai paling efektif dalam membantu mengatasi plak, gingivitis (pembengkakan gusi), serta mikroorganisme yang mengakibatkan bau mulut.

Pasalnya, sel-sel tersebut dilapisi oleh lemak yang dapat terangkat secara alami jika terpapar kontak dengan minyak. Mulailah secara bertahap, misalnya berkumur selama lima menit terlebih dulu. Lakukan secara teratur seraya meningkatkan durasinya.

Jangan lupa, sikat gigi Anda seperti biasa. Gigi lebih putih dan bebas karang serta napas nan wangi menjadi beberapa hasil yang diklaim oleh orang-orang yang telah menjajal teknik ini. Berniat mencobanya? Pastikan saja Anda tidak memiliki alergi akan coconut oil dan sejenisnya. 

(Foto: Kutsenko Denis/Shutterstock.com)

Source: Harpers Bazaar

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Yang harus dilakukan saat nyeri punggung
4 Destinasi wajib untuk para pecinta jazz
Mengunjungi uniknya beragam destinasi wisata di Rotorua