Menu diet Mediterania untuk memori lebih baik

194
Seporsi menu diet Mediterania
Seporsi menu diet Mediterania

Ingin memiliki otak yang sehat dan ingatan yang kuat, Brava Listeners? Jika ya, Anda harus coba diet Mediterania dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung ekstra virgin olive oil dan kacang-kacangan.

Sebuah studi klinis terbaru menunjukkan, diet Mediterania dengan menambahkan lebih banyak ekstra virgin olive oil atau minyak zaitun berkualitas terbaik (grade A) dan kacang-kacangan dapat meningkatkan potensi memori bagi orang dewasa dan yang lebih tua.

Diet mediterania adalah pola makan yang merujuk pada gaya makan tradisional masyarakat di Yunani, Italia Selatan dan Spanyol.

Prinsip dasarnya adalah, dalam satu porsi makanan harus lebih banyak unsur kacang-kacangan, sereal, buah-buahan, sayuran dan minyak zaitun.

Bisa juga ditambahkan ikan, produk dari susu seperti keju dan yogurt juga wine. Sementara, daging dan produk dari daging lainnya sangat sedikit dikonsumsi.

Penelitian kecil ini menemukan bahwa diet Mediterania, yang rendah dalam mengonsumsi sumber makanan hewani seperti daging dan mentega dan tinggi sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, ketika porsi minyak zaitun atau kacang ditambah, akan menghasilkan fungsi kognitif yang lebih baik,” ujar  Samantha Heller, seorang ahli gizi di Pusat Perawatan dan Kinerja Olahraga Musculoskeletal, New York University seperti dilansir Independent.

Dalam penelitian tersebut, para dokter yang dipimpin oleh Emilio Ros dari Hospital Clinic, Barcelona menugaskan 447 orang dewasa yang berusia sekitar 67 tahun secara acak.

Kebanyakan dalam kondisi kelebihan berat badan namun tidak menderita obesitas, dan memiliki risiko penyakit kardiovaskular. Mayoritas responden juga memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Mereka diperintahkan untuk mengikuti salah satu dari tiga diet: Diet Mediterania dilengkapi dengan lima sendok makan minyak zaitun extra virgin per hari, diet Mediterania dilengkapi dengan 30 gram kacang per hari atau diet rendah lemak.

Sebanyak 334 reponden yang terlibat penelitian tersebut berhasil menyelesaikan diet yang diminta, lalu diberi tes kognitif pada awal dan akhir masa penelitian yang rata-rata berlangsung selama empat tahun.

Hasilnya, kelompok mengikuti diet rendah lemak ditemukan telah mengalami penurunan yang signifikan dalam kemampuan menyimpan memori dan fungsi kognitif mereka.

Sementara, responden yang melengkapi diet Mediterania dengan kacang memiliki peningkatan yang signifikan dalam memori mereka, sementara kelompok yang menambahkan minyak zaitun extra virgin untuk diet Mideterania yang dijalankan, memiliki fungsi kognitif yang lebih baik.

Jadi, Brava Listeners, mulailah banyak makan sayur, buah-buahan, ikan ditambah minyak zaitun kualitas terbaik dan kacang-kacangan dalam porsi makan siang Anda.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

[Teks: Muhammad Kamal | Foto: independent.co.uk]

Baca juga:
5 Mitos keliru tentang osteoporosis
Nutrisi penguat daya tahan tubuh
Ferrari Land, taman bermain penuh adrenalin

SHARE