Richard Hammond dan Rimac Concept One

16

Richard Hammond, mantan pembawa acara serial televisi Top Gear mengalami kecelakaan yang cukup parah saat sedang menjalankan shooting untuk The Grand Tour show for Amazon Prime  di Swiss. Namun dibalik kecelakaan yang dialami Hammond, terdapat keuntungan untuk mobil yang digunakannya.

Hammond menggunakan mobil Rimac Concept One, mobil yang masih sangat jarang kita dengar. Mobil yang berasal dari Kroasia ini adalah salah satu supercar dengan tenaga listrik. Mulai masuk ke industri otomotif 2009 silam dan didirikan oleh Mate Rimac. Mobil ini memililiki kapasitas baterai  82 kwh yang diusungnya dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.088 Hp dan torsi sebesar 1.600 Nm

Rimac Concept One memegang rekor resmi sebagai mobil elektrik dengan akselerasi tercepat sejak 2013 sampai tahun 2015. Ia mampu melaju 0-100 km/jam hanya dalam 2,8 detik. Dan jika kita terus menginjak pedal gasnya sampai maksimal, mobil ini mampu mencapai top speed sampai 305 km/jam yang hanya ditempuh dalam waktu 14,2 detik saja.

Mobil yang dikabarkan berharga 2 juta poundsterling (sekitar Rp 34 Miliar) ini sudah terjual sebanyak delapan unit di dunia. Ia juga telah menjadi mobil resmi pimpinan pada ajang lomba Formula E, balap Formula bertenaga listrik kelas dunia.

Seperti mobil listrik pada umumnya, Rimac Concept One memilki kelemahan, berat. Mobil ini memiliki bobot kosong 1.850 kg, sehingga mobil ini sangat sulit untuk dikendalikan di tikungan.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Adhi Satria / sumber otodriver.com & theguardian.com | foto berbagai sumber]

Baca juga:
Dirilis, ini spesifikasi dan harga Civic Hatchback
Ratusan Mercedes-Benz tempuh 350 km dari Kuala Lumpur ke Singapura
Teknik lambat, otot besar lebih cepat