Selain berlari, ini kardio terbaik pembakar kalori

7

Anda pasti mempunyai tujuan saat melakukan olahraga, entah untuk menurunkan berat badan, membakar timbunan lemak, menambah massa otot, membentuk proporsi tubuh yang ideal, atau (mungkin) hanya ikut-ikutan trend.

Bagi Anda yang mempunyai tujuan menurunkan berat badan dengan membakar kalori, olahraga kardio adalah pilihan yang tepat.

Salah satu fungsi utama latihan kardio adalah membakar kalori. Selain itu, latihan ini juga berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah, memperkuat jantung, melatih fleksibilitas pembuluh darah, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Secara spesifik, di bawah ini ada beberapa jenis latihan kardio yang bisa Anda pilih, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kondisi fisik dan kebugaran Anda sehari-hari.

>> Berjalan (cepat)
Salah satu olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh adalah berjalan. Dalam praktiknya, berjalan bisa membakar kalori jika kita memperhatikan dua hal penting yaitu, kecepatan jalan dan kondisi tubuh.

Jika Anda berjalan lebih cepat, heart rate Anda akan meningkat dan membakar kalori lebih banyak. Namun, jangan lupa, perhatikan kondisi tubuh dan fisik Anda. Jika memungkinkan, olahraga jalan cepat layak Anda coba.
>> Ukuran pembakaran kalori: 3 MET
>>  Jumlah kalori terbakar: 210 kkal (1 jam), 105 kkal (30 menit)
>>  Tingkat benturan: Low (jalan), middle (brisk walking)

Lari
Anda bisa memilih berlari kecepatan rendah (6km/jam),  sedang (8km/jam), dan cepat (10km/jam). Mulailah dari kecepatan rendah dahulu untuk meminimalisir tingkat benturan dan cedera.
>>Ukuran pembakaran kalori: 6 MET
>> Jumlah kalori terbakar: 420 kkal (1 jam), 210 kkal (30 menit)
>> Tingkat benturan: Middle

Berenang
Olahraga ini mempunyai tingkat benturan teringan, namun dengan tingkat pembakaran kalori yang cukup tinggi. Bagi Anda yang mempunyai gangguan pada sendi, olahraga ini sangat dianjurkan.
>>Ukuran pembakaran kalori: 7 MET
>> Jumlah kalori terbakar: 490 kkal (1 jam), 245 kkal (30 menit)
>> Tingkat benturan: Low

Lompat Tali
Gerakkan melompat secara konstan ini memiliki MET yang tertinggi. Secara perlahan, tingkatkan kecepatan dan intensitas lompatan sehingga membakar kalori lebih banyak.
>>Ukuran pembakaran kalori: 8 MET
>> Jumlah kalori terbakar: 560 kkal (1 jam), 280 kkal (30 menit)
>> Tingkat benturan: High

Catatan:
>> Ukuran Pembakaran Energi (MET)
Satuan untuk mengetahui pembakaran energi dinamakan Metabolic Equivalent of Task (MET). MET adalah sebuah ukuran fisiologis yang menunjukkan seberapa besar energi kita yang terpakai saat melakukan aktivitas fisik tertentu. MET diperlukan untuk mengetahui jumlah kalori yang terbakar  tiap jam dari masing-masing olahraga. Kalori yang terbakar = berat badan x MET. Berdasarkan intensitas olahraga, terdapat 3 range MET, yaitu olahraga ringan (3 – 5 MET), olahraga sedang ( 6 – 8 MET), dan olahraga keras (> 9 MET).

>> Tingkat Benturan (Impact Level)
Setiap jenis olahraga menghasilkan tingkat benturan atau impact tertentu. Tingkat benturan itu berpengaruh pada kondisi otot, sendi, dan kinerja organ tubuh (jantung, pembuluh darah, paru-paru). Ada 3 tingkatan benturan ke sendi tubuh kita, yaitu low, medium, dan high impact.

*) Berikut adalah hitungan kalori untuk aktivitas olahraga tertentu. Jumlah kalori dihitung berdasarkan berat badan 70 kg. Apabila seseorang berat badannya lebih rendah dari 70 kg, maka jumlah kalori yang dihasilkan berubah sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Selain itu, penghitungan tersebut didasarkan dari aktivitas per jam. Anda bisa menyesuaikannya dengan durasi latihan Anda

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Golden State Warriors juara NBA 2017
Go to places in Amsterdam
Ferrari 812 Superfast akan segera masuk Indonesia

SHARE