Sering mengalami memar di tubuh saat bangun tidur?

53

Pernahkah Anda bangun tidur dan mendapati ada memar-memar di kulit, terutama di bagian kaki Anda? Mungkin Anda menduga memar tersebut karena terjatuh saat tertidur tanpa sengaja tersandung atau terpentok dinding, misalnya.

Namun, bisa jadi memar-memar tersebut adalah gejala dari suatu penyakit yang lebih serius, Brava Listeners.

Untuk mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan memar di tubuh secara tiba-tiba ini, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam dari RS. Cipto Mangunkusumo akan menjelaskannya lebih lanjut di Health Corner.

Penyebab memar yang terjadi tersebut bisa karena pecahnya pembuluh darah. Pecahnya pembuluh darah ini bisa terjadi karena trauma, seperti terbentur.

Hal lain yang bisa membuat memar tersebut karena adanya gangguan di dalam sistem pembekuan darah seseorang. Misalkan, darahnya terlalu encer. Terutama pada orang-orang yang memang mendapat obat pengencer darah. Atau memang orang-orang yang trombositnya rendah.

Jika terjadi sesuatu yang tidak umum kepada kita seperti memar saat bangun tidur, harus dievaluasi masalahnya. Terkecuali orang-orang yang pembuluh darahnya mudah pecah. Tetapi kalau hal tersebut berhubungan dengan trombosit yang menurun, atau gangguan pembekuan darah, itu tentu harus dievaluasi lebih lanjut.

Memang jika memar tersebut terjadi bukan karena terbentur, itu tidak menimbulkan rasa sakit. Karena hal tersebut terjadi secara spontan, bukan karena trauma.

Kita bisa mencocokkan dengan hal-hal lain seperti untuk wanita, apakah memar tersebut berpengaruh dengan lamanya menstruasi yang biasanya 3 hari menjadi seminggu. Atau gusi berdarah, itu berarti cocok dengan hal tersebut.

Memar-memar tersebut bisa dihubungkan dengan faktor-faktor seperti pembekuan darah, darah encer, atau trombosit yang menurun.

Artinya jika hal tersebut terjadi, sebaiknya sebelum diperiksa kepada ahlinya, sebagai pasien kita perlu mencocokan apakah ada faktor-faktor lain yang berpengaruh pada hal tersebut.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

[teks: Rivat Adi Mulya | foto: vemale.com]

Baca juga:
Indro Warkop: Saya ingin mendorong dunia komedi
Deby Vinski: Anti Aging Medicine adalah sebuah paradigma baru
Kenalilah penyakit kulit seperti ini

SHARE