Strategi brilian antar Marquez juara di Brno

4

Setelah sempat melakukan kesalahan karena pemilihan ban, Marc Marquez membuktikan dirinya sebagai pembalap paling hebat dalam menerapkan strategi. Dimana Marquez menjadi pembalap pertama yang mengganti ban basah dengan ban slick seiring dengan mulai keringnya trek dan akhirnya menang dominan. Hasilnya ia melesat dan menjuarai Grand Prix Ceko yang diwarnai dengan flag to flag, Minggu (6/8).

Di sirkuit yang sempat basah akibat guyuran hujan itu, The Baby Alien memutuskan untuk memakai ban hujan tipe soft di belakang, sementara para pembalap lain memakai ban belakang hard atau medium. Benar saja, hal itu menjadi bumerang karena dia langsung tertinggal walau memulai dari pole position.

Pada putaran kedua dia langsung masuk pit mengganti motor dengan ban slick dan ternyata langsung paling kencang di trek. Ketika para pembalap lain ikut mengganti motor, Marquez sudah berada paling depan dengan keunggulan sekitar 20 detik.

Ini seperti balapan flag-to-flag di Jerman, saya ketika itu sangat kesulitan karena memilih ban depan tipe soft dan harus masuk (pit) lebih dini. Jadi hari ini hal yang sama terjadi, saya memakai ban soft (belakang) dan di antara para pembalap teratas saya satu-satunya yang melakukan itu,” papar Marquez.

Hasil ini membuat Marquez meningkatkan keunggulan di puncak klasemen menjadi 154 poin. Sementara di tempat kedua diraih oleh Dani Pedrosa. Sedangkan duo Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi bisa dikatakan menang beruntung di seri ini.

Rossi harus menghadapi fakta bahwa dia selalu sial dalam balapan flag-to-flag, dari memimpin balapan terjun ke urutan 12 dan harus berjuang keras di sepanjang balapan untuk finis keempat.

Cal Crutchlow merebut posisi kelima untuk LCR Honda, disusul pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Pembalap Pramac Racing Danilo Petrucci harus menyerah dari tekanan para pembalap tim pabrikan dan finis ketujuh, demikian juga Aleix Espargaro yang awalnya sempat berada di posisi kedua namun akhirnya hanya finis urutan delapan, disusul adiknya Pol Espargaro yang membela tim Red Bull KTM.

Duo Tech 3 Yamaha Jonas Folger dan Johann Zarco berturut-turut finis urutan 10 dan 12, dan di antara mereka adalah pembalap Suzuki Alex Rins.

Berikut hasil lengkap Grand Prix Cheska, Minggu (6/8).
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 44m 15.974s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 44m 28.412s
3. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 44m 34.109s
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 44m 36.440s
5. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 44m 36.866s
6. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP17) 44m 39.233s
7. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac (Desmosedici GP17) 44m 40.053s
8. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44m 46.533s
9. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 44m 46.728s
10. Jonas Folger GER Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 44m 49.210s

Source: Autocar Indonesia

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.
SHARE