Taksi tanpa sopir pertama di dunia

72

Sebuah taksi bisa beroperasi meskipun tanpa seorang sopir. Ya, teknologi canggih ini sudah beroperasi di Singapura.

Sebuah perusahaan piranti lunak asal AS, nuTonomy, telah meluncurkan uji coba teknologi mobil tanpa pengendara ini dengan turut mengangkut beberapa penumpang terpilih secara gratis sejak pekan lalu.

Sebelumnya sudah pernah uji coba semacam ini dilakukan oleh perusahaan seperti Google, Volvo, dan Uber. Namun perusahaan nuTonomy inilah yang pertama kali melakukan uji coba dengan penumpang.

nuTonomy mengerahkan enam mobil yang terdiri dari mobil Renault Zoe dan mobil listrik Mitsubishi i-MieV yang dilengkapi dengan perangkat lunak, kamera dan teknologi laser yang terhubung pada radar.

Di setiap mobil turut dikerahkan pula seorang supir untuk mengantisipasi kemudi dan seorang peneliti yang mengawasi sistem komputer.

Singapura dipilih sebagai tempat uji coba karena dianggap ideal dengan cuacanya yang bersahabat, infrastruktur yang memadai, dan para pengendara yang cenderung disiplin terhadap aturan.

Terlebih nuTonomy memang memiliki cabang di kantor di negara tersebut. [teks Gabriella Sakareza/sumber rollingstone.co.id | foto blanjamobil.com]