Tetap awet muda dengan rutin berolahraga

42

Ada banyak sekali manfaat apabila kita rutin berolahraga. Di usia berapa pun, olahraga bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Ada yang bisa membentuk otot tubuh, melenturkan badan, menghilangkan lemak hingga jadi antioksidan.

Pada diskusi media “Bincang-bincang Santai Trampolin dan Manfaatnya” (23/11), salah satu narasumber, Dr. Grace Tumbelaka, SpKO, mengungkit manfaat olahraga rutin.

Kalau kita olahraga rutin itu manfaatnya banyak sekali. Ada peningkatan mitokondria genesis, meningkatkan daya serap oksidatif, oksidasi asam lemak, semuanya ini besar efeknya terhadap seluruh fungsi sel tubuh,” imbuh dr Grace.

Salah satunya efek positifnya adalah menurunkan kadar lemak dalam perut. Perlu diketahui, kadar lemak dalam perut merupakan indikator risiko penyakit jantung, sehingga perlu diperhatikan.

Olahraga juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan, meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kebugaran kardiorespirasi.

Olahraga juga terbukti memengaruhi sistem saraf pusat kita. Dia mampu meningkatkan kognitif dan menurunkan mental decline. Proses penuaan juga jadi diperlambat. Olahraga juga bisa jadi antioksidan, dengan olahraga teratur tubuh jadi mampu membuat antioksidan alami untuk mengatasi radikal bebas,” imbuh dr Grace.

Yang tak kalah penting, berolahraga secara terukur dan teratur juga dapat membuat produksi hormon endorfin secara alami meningkat.

Dengan begitu, olahraga dapat menurunkan persepsi nyeri dan menurunkan produksi hormon pemicu stres. Kualitas dan pola tidur pun pada akhirnya akan menjadi lebih baik.

Olahraga juga bisa membantu menurunkan dan menjaga kestabilan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, dr Grace menganjurkan Anda untuk berolahraga selama lima kali dalam seminggu, masing-masing dilakukan selama 50 menit. Namun tentu harus dilakukan secara bertahap dan teratur.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Gabriella Sakareza/sumber health.detik.com | foto kompasiana]

Baca juga:
Candi Borobudur, Salah satu keajaiban dunia
Berbagai khasiat teh chamomile
Kuliner ala Argentina di Singapura

SHARE