Tetap sehat di musim pancaroba

21
Ilustrasi Sakit
Ilustrasi Sakit

Musim pancaroba merupakan musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Musim pancaroba ditandai oleh keadaan cuaca yang tidak menentu.

Musim pancaroba juga sering membawa banyak penyakit karena kondisi yang tidak menentu. Sebentar panas, lalu tiba-tiba hujan.

Berbagai macam penyakit yang diderita dapat mengakibatkan aktivitas keseharian menjadi terganggu.

Penyakit seperti diare, influenza, jerawat, chikungunya, DBD, bahkan kanker kulit merupakan penyakit biasa yang sering diderita seseorang pada saat musim pancaroba. Berikut beberapa cara tetap sehat di musim pancaroba

1. Perbanyak minum air

Air mineral merupakan asupan penting bagi sistem kekebalan tubuh pada saat musim pancaroba. Selain itu, air mineral juga dapat menghindarkan gejala dehidrasi.

2. Perbanyak makanan bergizi

Memperbanyak makanan yang bergizi secara seimbang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh keadaan cuaca yang tidak menentu.

3. Mengkonsumsi suplemen & istirahat yang cukup

Suplemen dapat mendongkrak daya tahan tubuh, namun jangan berlebihan mengkonsumsi suplemen. Konsumsilah suplemen secukupnya.

Selain itu kurang istirahat juga berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh, maka dari itu istirahat yang cukup sangat berguna bagi ketahanan daya tahan tubuh

4. Berolahraga

Walaupun keadaan sedang tidak menentu, namun olahraga secara teratur dan tidak terlalu letih juga sangat membantu ketahanan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

5. Gunakan pakaian sesuai kondisi cuaca

Selalu bersiap-siap lah membawa pakaian lebih pada saat cuaca sedang berganti. Misal, saat cuaca sedang hujan atau dingin, cobalah menggunakan pakaian yang tebal dan anti air sehingga tidak membuat badan langsung terkena air hujan.

Begitu juga pada saat panas, gunakanlah topi atau payung ketika matahari sedang terik untuk mencegah kepala langsung terpapar sinar matahari.

6. Gunakan masker

Masker juga dapat membuat debu atau asap rokok dan asap polusi langsung terhirup ke dalam paru-paru. Sehingga membuat bagian dalam badan tetap bersih dari lingkungan yang kotor.

[teks Bimo Wicaksana / sumber berbagai sumber | foto pixabay.com]

Share it