Tips memilih kacamata yang sesuai bentuk wajah

39

Pemilihan pakaian serta sepatu yang cocok untuk dikenakan kerap menjadi masalah krusial guna menciptakan kesan terbaik seseorang. Namun dalam interaksi sosial sebenarnya, orang lain justru cenderung melihat wajah dibandingkan bagaimana Anda mematut diri secara gaya.

Terlebih bagi mereka yang berkacamata, ada baiknya untuk mempertimbangkan jenis kacamata yang tepat agar tidak terlihat berlebihan.

Jika mata Anda adalah jendela jiwa Anda, maka ini adalah waktunya untuk berhati-hati dalam menjaga penglihatan Anda dengan bentuk bingkai serta lensa yang tepat agar penampilan sesuai dengan bentuk wajah serta kepribadian yang Anda miliki.

Bentuk wajah ternyata sangat berpengaruh dalam pemilihan bentuk kacamata agar Anda terlihat menarik. Dan berikut ini adalah informasi tentang bentuk kacamata sesuai dengan bentuk wajah yang dapat Anda aplikasikan agar tidak terlihat berlebihan.

1. Wajah Bulat

Wajah bulat
 


Rectangular frame

Memiliki wajah bulat berarti memiliki risiko terlihat ‘temben’ meskipun tidak gemuk. Untuk menghindari kesan wajah yang terlihat terlalu bulat, ada baiknya untuk memilih kacamata dengan bentuk kotak, baik itu dengan frame setengah lensa, frame yang full membungkus lensa, atau frame tipis dengan bentuk kotak. Ini akan memberikan kesan bahwa wajah Anda terlihat lebih panjang.


2. Wajah Oval

Wajah oval
 
Semi Aviator frame
 

Bentuk wajah ini merupakan bentuk wajah yang umum. Pria dengan bentuk wajah ini cukup beruntung karena dapat memilih beberapa bentuk kacamata.

Agar tampilan Anda terlihat seimbang, Anda harus memilih kacamata dengan lebar yang sama dengan bagian terbesar dari wajah Anda, terlebih pada bagian kening.

Ada baiknya Anda memilih bentuk kacamata dengan sudut yang tidak terlalu tajam dan dengan penghubung antara lensa kanan dan kiri yang tidak terlalu besar.

 

3. Wajah Kotak

Wajah kotak
 
Round frame

Pahatan rahang dengan sudut yang tajam nampaknya menjadi dambaan setiap pria. Namun, wajah kotak cenderung memiliki bagian yang sedikit lebih lebar.

Untuk menyiasatinya, Anda membutuhkan kacamata dengan bentuk sedikit bundar guna memberikan kesan lebih proporsional pada wajah. Perhatikan untuk berhati-hati memilih bentuk bundar yang dikehendaki, dan jangan sampai Anda justru terlihat seperti burung hantu karena salah pilih frame.

4. Wajah Segi Empat

Wajah segi empat
 
Thick frame

Sama halnya seperti wajah oval yang tidak terlalu sulit dalam memilih bentuk kacamata. Jika Anda memiliki bentuk wajah segi empat, Anda dapat memilih bentuk kacamata yang sedikit lebih lebar dengan dengan lengkungan yang agak lembut pada bingkainya. Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan bingkai yang agak tebal untuk memanipulasi wajah agar terlihat lebih pendek.

5. Wajah Hati

Wajah hati
 
RImless frame

Bentuk wajah yang terlihat seperti segitiga terbalik dengan kening lebar dan dagu yang lancip ini membutuhkan bingkai kacamata yang dapat meminimalisir bagian yang terlalu lebar. Jika Anda mempunyai wajah seperti ini, usahakan untuk memilih kacamata dengan bagian bawah yang lebar. Anda juga dapat mengakalinya dengan menggunakan frame setengah lensa untuk menarik perhatian pada bagian bawah.

TEKS: AMIN MULIA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
10 Landmark wisata terbaik di dunia
5 Camilan lezat rendah karbohidrat
Nike merancang sepatu bagi Elton John