Vendôrama: Pameran 160 tahun Rumah Perhiasan Boucheron

6

Pameran ini menggambarkan perjalanan panjang dari sebuah perusahaan keluarga yang didirikan oleh Fréderic Boucheron.

Ia membuka butik permata di Paris tahun 1858. Menyusul kesuksesan butik pertama, ia kemudian membuka butik di lokasi yang prestisius, yaitu Place Vendôme nomor 26, yang menjadi butik utamanya hingga sekarang.

Tidak heran bila kemudian pameran ini diberi judul Vendorama, sebuah penggabungan dari kata Vendôme dan panorama.

Poster vintage Boucheron

Arsip-arsip, poster-poster vintage, koleksi jam dan desain permata dipamerkan untuk publik, dalam sebuah kubah tenda berstruktur metalik yang dirancang khusus untuk pameran ini, di museum Monnaie di pusat kota Paris.

Sebelum memasuki ruang pameran, pengunjung perlu mengunduh aplikasi yang akan menjadi pemandu. Setelah aplikasi diunduh, akan muncul seekor kucing hitam bernama Wladimir, teman virtual Anda selama berada di dalam ruang pameran.

Ia akan membawa kita mengenal sejarah pembuat perhiasan permata ini, dengan melihat berbagai arsip, surat-menyurat, buku-buku, dan faktur-faktur yang ditulis tangan.

Semua koleksi permata pun masih disimpan rapi. Berbagai kreasi rancangan permata dipresentasikan sesuai tema. Seperti koleksi Serpent Bohème, yaitu koleksi yang terinspirasi dari berbagai binatang, ataupun koleksi perhiasan dengan inspirasi bulu burung merak.

Sketsa desain dari arsip Boucheron

Cape de Lumiere

Di tahun 1879 Boucheron dengan imajinasinya membuat kalung berbentuk simbol tanda tanya (Collier Point d’Interrogation), kreasi kalung tanpa kait (clasp) yang dipakai dengan gaya asimetris.

Kalung ini mendapat penghargaan di tahun 1889 dan menjadi signature style Boucheron. Di masa itu, wanita masih memerlukan asisten untuk memakai baju, perhiasan, ataupun untuk menata rambut. Boucheron membuat sebuah desain yang modern dan praktis untuk wanita yang independen.

Beberapa sketsa tua dari berbagai macam bentuk kalung permata sangat menarik perhatian. Ternyata, di tahun 1928 Maharadja of Patiala dari India membawa enam kopor penuh berisi batu-batu permata, yang di antaranya 7.571 butir berlian dan 1.432 zamrud.

Maharadja ini meminta Boucheron untuk mendesain dan membuat set perhiasan khusus, dengan taburan berlian, zamrud dan batu rubi. Pesanan ini menjadi salah satu yang paling besar dan bersejarah untuk rumah perhiasan ini.

Desain perhiasan permata untuk Maharadja of Patiala

Pameran ini juga memperlihatkan berbagai konsep cara pembuatan perhiasan permata, lewat berbagai arsip gambar desain dan sketsa. Dengan bantuan video interaktif juga kita dapat mengerti tahap demi tahap pembuatan perhiasan.

Beberapa aktor dan aktris teater berakting menjadi para artisan dalam sebuah animasi di pameran ini, sehingga memudahkan para pengunjung untuk mengerti proses kreasi, tanpa dibebani oleh bahasa teknis yang kadang tidak mudah dipahami oleh orang awam.

Selama 160 tahun, Boucheron bergelut dalam dunia desain perhiasan dan permata, dengan tidak berhenti berkreasi dan berinovasi. Ini adalah sebuah pameran yang bercerita juga tentang sebuah gaya yang elegan dari Perancis.

(Foto: Rizal Halim)

Source: Harpers Bazaar

SHARE