Yani Panigoro: Perempuan juga bisa jadi pemimpin

39

Dalam Woman on Top kali ini, Prita Kemal Gani bersama Ferdi Hasan berbincang-bincang dengan seorang wanita sukses, Yani Panigoro selaku Direktur dari MEDCO Group.

Q : Anda terkenal sebagai orang yang super sibuk. Biasanya apa aktivitas Anda di pagi hari?

A : Yang pasti shalat, dan juga kegiatan pagi hari pada umumnya. Saya selalu olahraga pagi. Lebih menariknya, jam 5 itu saya olahraga sambil mendengarkan Brava Radio. Saya suka yoga di kamar biasanya, lalu Brava Radio itu jadi backsound-nya.

Q : Apakah Anda sempat membuatkan sarapan pagi untuk orang rumah?

A : Terus terang saya membuat sarapan pagi sendiri. Menurut saya sarapan itu penting sekali. Cukup ada sayur, tahu, telur, sama nasi merah, selesai. Kalau cucu-cucu, lain lagi.

Q : Apakah setelah beraktivitas pagi kemudian pergi ke kantor, atau mungkin Anda bekerja dari rumah?

A : Setelah aktivitas pagi, saya beres-beres rumah, mandi, terus ke kantor. Saya terbiasa bekerja di kantor.

Q : Adakah kendala dalam menjalankan pekerjaan Anda?

A : Saya itu sebenarnya besar di Bandung. Kemudian saya bekerja di Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia, saya mendapat sangat banyak hal dari LIPI. Kemudian LIPI pindah, menurut saya ini merupakan kendala. Dari Bandung ke Serpong. Bagi saya berat untuk berpisah dengan anak yang masih kecil.

Saya sudah kerja kurang lebih 8 tahun kurang lebih, jadi saya sudah sangat nyaman dengan pekerjaan. Sampai akhirnya, dengan berat hari harus meninggalkan pekerjaan yang saya cintai. Karena saya lebih memilih untuk tinggal bersama anak-anak saya di Surabaya.

Kemudian saya sempat mengajar di Institut Teknologi Surabaya. Lalu pulang lagi ke Bandung, memulai bisnis kecil kursus komputer, sesuai dengan bidang yang saya kuasai.

Sampai akhirnya, Arifin Panigoro mengajak saya untuk bersama-sama mendirikan Sarana Jabar Ventura. Sebuah perusahaan financing yang membantu usaha-usaha kecil yang belum bisa mengurus ke bank untuk meminta modal.

Q : MEDCO Foundation sebagai motor dari CSR perusahaan Anda. Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh MEDCO untuk melakukan hal tersebut?

A : Pada prinsipnya MEDCO Group ya. Semisal kita masuk ke wilayah baru, kita harus melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Jadi MEDCO Foundation akan masuk duluan untuk mapping, mencari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Dari situ kita bisa memberikan bantuan sehingga pada saat kita mendirikan bisnis, mereka semua sudah menerima.

Q : Apa yang membuat Anda yakin bahwa perempuan itu bisa jadi seorang pemimpin?

A : Dari background-nya kali ya. Saya dari lahir di keluarga yang hampir semuanya laki-laki. Saya 11 bersaudara, dan saya perempuan satu-satunya. Jadi saya merasa itu merupakan hal yang biasa saja.

Ada bagian tertentu di MEDCO yang mayoritas diisi oleh perempuan. Luar biasa sekali. Saya menyebut mereka MEDCO Girls, mereka sangat luar biasa!

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

[teks Adhi Satria | foto dok. Brava Radio]

Baca juga:
Indonesia menjadi salah satu target virus komputer dunia
Inovasi terbaru dari Barry Calebaut
Omega Seamaster Aqua Terra edisi 2017