Yoga dan manfaatnya bagi tubuh

97

Kegiatan yoga berasal dari India sekitar 5000 tahun lalu, dan kini kegiatan olah tubuh ini telah menyebar ke seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak masyarakat dan selebriti yang merasakan manfaat dari aktivitas yoga, baik dari sisi mental dan fisik.

Bagi Brava Listeners yang baru akan mencobanya, berikut beberapa manfaat Yoga bagi tubuh Anda.

1. Tubuh menjadi lebih fleksibel
Gerakan-gerakan yoga akan membuat Anda lebih fleksibel karena peregangan yang dilakukan. Selain itu dengan peregangan tersebut Anda dapat meningkatkan keleturan pada paha belakang, punggung, bahu, dan pinggul.

2. Tubuh lebih kuat
Banyaknya gerakan yang membuat Anda harus menyeimbangkan tubuh pada satu kaki dan tangan, membuat Anda lebih kuat.

3. Mencegah nyeri
Ketika fleksibilitas dan kekuatan tubuh meningkat, maka tubuh Anda dapat mencegah rasa nyeri terutama punggung. Yoga dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku, sehingga Anda bisa bebas dari nyeri.

4. Memperlancar pernapasan
Ada gerakan yoga yang dapat membantu sistem pernapasan Anda. Jika umumnya melakukan tarik dan hembusan napas yang pendek-pendek, dengan latihan yoga setiap harinya maka Anda dapat melakukan latihan pernapasan.

Gerakan Yoga yang disebut Pranayama, berfokus pada pernapasan dan bagaimana menggunakan paru-paru untuk meningkatkan kesehatan. Latihan napas juga dapat membersihkan saluran hidung dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks onne / berbagai sumber | foto uvolutionfitness.com]

Baca juga:
Kue ini wajib Anda cicipi saat melancong ke Macau
Kenali kode etik di Gym
Bahaya tak terduga dari white wine

SHARE