3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

26
3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hal yang paling ditunggu selama bulan Ramadhan adalh waktu berbuka puasa. Menu atau makanan yang tersaji saat buka puasa terlihat begitu menggoda. Meski begitu, terdapat beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari saat berbuka puasa.

Berikut Brava Radio rangkum 3 makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa karena memiliki dampak buruk bagi kesehata. Simak ulasannya lengkapnya berikut ini.

1. Makanan Pedas

3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Makanan pedas memang memiliki tampilan yang meningkatkan gairah makan. Namun, mengonsumsinya saat berbuka puasa akan menyebabkan rasa mulas hingga sakit perut. Hal tersebut karena kondisi perut kosong setelah berpuasa seharian. Selain itu kandungan capsaicin pada cabai bisa mengiritasi dinding lambung ketika perut dalam keadaan kosong. Selain itu, capsaicin juga dapat membuat usus besar tidak dapat menyerap air secara maksimal.

2. Gorengan

3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Gorenagn memiliki kandungan minyak yang dapat menjadikan makanan sulit dicerna oleh tubuh, sehingga membuat gorengan tidak direkomendasikan saat berbuka puasa karena kurang baik untuk kesehatan tubuh. Gorengan seperti bakwan, tempe goreng, ayam goreng atau kentang goreng lebih baik Anda konsumsi setelah perut terisi.

3. Buah Bersifat Asam

3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Meskipun buah merupakan makanan sehat, namun Anda harus menghindari mengonsumsi buah yag bersifat asam ketika berbuka puasa. Jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong makan akan meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan di dada. Selain itu berpotensi menyebabkan diare, karena buah-buahan asam dapat memicu gas di dalam perut dan menyebabkan tekanan di dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Fantastis! Ini Dia Besaran Hadiah Piala Dunia Qatar 2022

Itu dia 3 makanan yang harus Brava Listeners hindari saat pertama kali berbuka puasa. Alangkah baiknya Anda mengonsumsi makanan seperti kurma, sup, alpukat, telur rebus dan smoothies saat pertamak kali berbuka puasa.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it