All-new Mazda MX-5 Gunakan Mesin Berteknologi SkyActiv

80
mazda mx5

Versi terbaru MX-5 lebih ringan 100 kg dan lebih kecil dari pendahulunya. Artinya, bobot MX-5 hanya satu ton lebih sedikit. Selain menggunakan SkyActiv dalam memangkas bobot, Mazda pun menggunakan bonnet, bagasi, dan sayap depan dari alumunium. Penggunaan material ringan juga merambah konstruksi soft-top-nya.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, MX-5 terbaru lebih pendek 105 mm, sumbu rodanya dikecilkan 15 mm, lalu 20 mm lebih rendah namun 10 mm lebih lebar. Mesin barunya diletakkan secara longitudinal, berkapasitas 1,5 liter dan 2,0 liter. Masing masing bertenaga 140 dan 180 hp.

Mesinnya didudukkan lebih rendah dan ke belakang dari posisi sebelumnya. Ini merendahkan titik gravitasi dan menurut Nobuhiro Yamamoto, MX-5 kini miliki keseimbangan bobot [50:50].   

Beralih ke desain eksterior. Berfilosofi Kodo, pengembangan desain MX-5 terbaru dipimpin langsung oleh Ikuo Maeda, sosok bertangan dingin di balik produk-produk menawan Mazda.

Jejak kejayaan MX-5 dari generasi ke generasi masih menjejak dalam kabin. Konfigurasi 2+2 masih dipilih Mazda. Terdapat pula pengaturan soft top secara manual. Anda bisa memendekkan atap dengan satu tangan. Posisi duduk rendah dan pilar A dibuat lebih tipis.

Dashboard MX-5 didominasi oleh layar infotainmen seperti Mazda3 yang dikontrol oleh kenob rotary di dekat handbrake. Kualitas kabin dan material telah ditingkatkan. Begitu pula dengan speaker pada headrest-nya.

Berapa harganya? Model terendah dikisaran £20.000 dan kabarnya akan tersedia pula pilihan coupe.

Sumber: auocarindonesia.com

Share it