Apple Resmi Pensiunkan iPod, Ini Rekam Jejaknya dari Masa ke Masa

6

Salah satu produk milik Apple yang sempat berjaya pada masanya, yakni iPod resmi dipensiunkan pada Selasa (10/5/2022). Apple menghentikan produksi iPod yang telah ada sejak tahun 2001 lalu.

Dalam situs resmi perusahaan, Apple mengumumkan bahwa iPod Touch akan tersedia “selama persediaan masih ada”. Hal ini pun menandai berakhirnya era iPod yang diyakini menjadi cikal bakal lahirnya iPhone.

iPod merupakan salah satu perangkat yang banyak diminati pada masanya untuk mendengarkan musik. Bahkan, kehadiran dari iPod selama dua dekade ini sendiri memberikan pengaruh besar dalam revolusi industri musik.

Apple memperkenalkan iPod di tahun 2001 ketika Steve Jobs meminta perusahaan untuk menciptakan alat pemutar musik yang ikonik. iPod pertama ini hanya memiliki bobot 6,5 ons serta dilengkapi dengan tombol utama berbentuk bulat dan empat tombol tambahan untuk menavigasi lagu.

Di tahun 2005, Apple kembali melakukan inovasi dengan mengeluarkan iPod Nano serta iPod shuffle. iPod nano memiliki tampilan dengan layar berwarna serta kualitas audio yang ditingkatkan. Sementara iPod shuffle tampil tanpa layar dengan bentuk sangat ringkas.

Kemudian di tahun 2007, Apple meluncurkan iPod terbaru yang memiliki layar sentuh 3,5 inci bernama iPod touch.  iPod touch dilengkapi dengan dukungan WiFi serta dapat berselancar di internet, menonton Youtube, hingga membeli musik secara nirkabel.

Terakhir kali Apple merilis produk iPod touch gen-7 diluncurkan pada Mei 2019. Hal ini sekaligus mengakhiri produksi iPod Touch,serta mengakhiri produksi iPod nano dan shuffle yang terlebih dahulu berhenti produksi dua tahun sebelumnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it